Menu Tutup

GPS : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Aplikasi dan Jenisnya

GPS atau Global Positioning System adalah sistem navigasi satelit yang dapat menentukan posisi, kecepatan, dan waktu di permukaan bumi dengan akurasi tinggi. GPS menggunakan sinyal radio yang dikirim oleh 24 satelit yang mengorbit di sekitar bumi. Dengan menerima sinyal dari setidaknya empat satelit, penerima GPS dapat menghitung jarak dan posisinya secara tiga dimensi.

Sejarah dan Pengembangan GPS

GPS pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1973 untuk keperluan militer. Nama awalnya adalah NAVSTAR GPS (Navigation System with Time and Ranging Global Positioning System). Pada tahun 1983, Presiden Ronald Reagan mengumumkan bahwa GPS akan dibuka untuk penggunaan sipil secara gratis. Pada tahun 1995, sistem GPS mencapai kapasitas penuh dengan 24 satelit operasional. Pada tahun 2000, Presiden Bill Clinton menghapuskan pembatasan akurasi yang dikenal sebagai Selective Availability (SA) yang membuat sinyal GPS menjadi lebih tepat untuk pengguna sipil. Pada tahun 2005, sistem GPS mulai ditingkatkan dengan penambahan satelit dan sinyal baru yang lebih kuat dan tahan gangguan. Pada tahun 2020, sistem GPS memiliki 31 satelit operasional dan mencapai akurasi rata-rata sekitar 5 meter.

Manfaat dan Aplikasi GPS

GPS memiliki banyak manfaat dan aplikasi di berbagai bidang, seperti:

  • Transportasi: GPS dapat membantu pengemudi, pelaut, dan pilot untuk menentukan rute, kecepatan, jarak, dan waktu tempuh. GPS juga dapat digunakan untuk mengontrol lalu lintas, menghindari kemacetan, dan meningkatkan keselamatan.
  • Geografi: GPS dapat digunakan untuk membuat peta, mengukur luas tanah, menentukan batas wilayah, dan melakukan survei topografi.
  • Ilmu Pengetahuan: GPS dapat digunakan untuk mempelajari pergerakan benua, gempa bumi, gunung berapi, iklim, dan fenomena alam lainnya.
  • Olahraga: GPS dapat digunakan untuk melacak aktivitas fisik, seperti berjalan, bersepeda, berlari, dan mendaki gunung. GPS juga dapat digunakan untuk olahraga petualangan, seperti geocaching dan orienteering.
  • Rekreasi: GPS dapat digunakan untuk menikmati wisata, seperti berburu, memancing, berkemah, dan hiking. GPS juga dapat digunakan untuk bermain game berbasis lokasi, seperti Pokemon Go dan Ingress.

Jenis dan Harga GPS

Ada banyak jenis dan merek GPS yang tersedia di pasaran, tergantung pada kebutuhan dan anggaran pengguna. Beberapa merek terkenal adalah Garmin, TomTom, Magellan, dan Navman. Berikut adalah beberapa contoh jenis dan harga GPS:

JenisHarga
GPS MobilMulai dari Rp 500 ribu
GPS Sepeda MotorMulai dari Rp 300 ribu
GPS SepedaMulai dari Rp 1 juta
GPS Jam TanganMulai dari Rp 1 juta
GPS HandheldMulai dari Rp 2 juta

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang GPS, kamu bisa mengunjungi situs web berikut:

  • Google Maps : Situs web yang menyediakan peta digital dan layanan navigasi online.
  • Bukalapak : Situs web yang menjual berbagai macam produk elektronik termasuk GPS dengan harga murah dan terbaru.
  • Tokopedia : Situs web yang menjual berbagai macam produk elektronik termasuk GPS Garmin dengan barang original dan harga terbaik.

Sumber:
(1) Google Maps. https://www.google.com.ar/maps.
(2) Harga GPS Murah dan Terbaru Juli 2023 | Bukalapak. https://www.bukalapak.com/c/elektronik/gps.
(3) Harga GPS Garmin Original & Terbaik Juli 2023 – Tokopedia. https://www.tokopedia.com/find/gps-garmin.

Baca Juga: