Menu Tutup

Hari Persahabatan Sedunia: Sejarah dan Makna

Hari Persahabatan Sedunia atau International Friendship Day adalah hari untuk merayakan hubungan persahabatan yang dimiliki oleh setiap manusia. Hari ini diperingati setiap tanggal 30 Juli, sesuai dengan penetapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 20111. Namun, sebelumnya sudah ada beberapa negara yang memiliki tanggal peringatan sendiri untuk menghargai sahabat-sahabat mereka. Lalu, apa sejarah dan makna di balik Hari Persahabatan Sedunia ini? Bagaimana cara merayakannya dengan sahabat terbaik kita? Berikut ulasannya.

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia

Menurut laman PBB, gagasan tentang Hari Persahabatan Sedunia adalah tindak lanjut dari proposal yang dibuat oleh UNESCO pada tahun 1997. Proposal tersebut mendefinisikan Culture of Peace atau Budaya Damai sebagai seperangkat nilai, sikap, dan perilaku yang menolak kekerasan dan berusaha mencegah konflik dengan mengatasi akar penyebabnya1. Ide ini kemudian diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1999 dengan Resolusi 53/252.

PBB berpendapat bahwa persahabatan antara individu, negara, dan budaya dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas. Oleh karena itu, PBB menetapkan tanggal 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Sedunia untuk mendorong semua golongan untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan dialog antar peradaban, solidaritas, saling pengertian, dan rekonsiliasi. PBB juga mempromosikan pemahaman internasional dan rasa hormat terhadap keragaman1.

Namun, sebelum PBB menetapkan tanggal tersebut, sudah ada beberapa inisiatif yang mengusulkan peringatan Hari Persahabatan Sedunia. Salah satunya adalah World Friendship Crusade, sebuah organisasi sipil internasional yang didirikan pada tahun 1958 di Paraguay. Organisasi ini mengkampanyekan budaya damai melalui persahabatan dan merupakan salah satu pendukung utama penetapan Hari Persahabatan Sedunia oleh PBB3.

Selain itu, menurut National Today, peringatan Hari Persahabatan Sedunia juga sudah ada sejak tahun 1919 di Amerika Serikat. Saat itu, perusahaan kartu ucapan Hallmark mulai memperkenalkan kartu-kartu khusus untuk menunjukkan hubungan spesial dalam bentuk ucapan. Namun, peringatan ini tidak bertahan lama karena dianggap sebagai strategi pemasaran belaka4.

Makna Hari Persahabatan Sedunia

Hari Persahabatan Sedunia memiliki makna yang mendalam bagi setiap orang yang memiliki sahabat atau teman baik. Sahabat adalah orang-orang yang selalu ada di sisi kita saat kita senang maupun sedih. Mereka juga orang-orang yang bisa kita percaya dan berbagi cerita tanpa takut dihakimi. Sahabat juga bisa memberi kita dukungan, motivasi, kritik, dan saran yang berguna bagi kehidupan kita.

Hari Persahabatan Sedunia adalah kesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada sahabat-sahabat kita. Ini juga kesempatan untuk mempererat hubungan persahabatan yang sudah terjalin dengan baik. Selain itu, Hari Persahabatan Sedunia juga bisa menjadi momen untuk menjalin persahabatan baru dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, budaya, dan negara. Dengan demikian, kita bisa memperluas wawasan dan pengalaman kita serta berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih damai dan harmonis.

Sumber:
(1) Hari Persahabatan Sedunia, Sejarah dan Cara Asik Merayakannya – Ruangmom. https://www.ruangmom.com/international-friendship-day.html.
(2) Sejarah dan Twibbon Hari Persahabatan atau Bestie Sedunia 2023 – detikcom. https://www.detik.com/sumut/berita/d-6848740/hari-persahabatan-internasional-2023-sejarah-hingga-cara-merayakannya.
(3) Sejarah Hari Persahabatan Sedunia yang Diperingati Setiap 30 Juli, Begini Cara Merayakannya. https://www.msn.com/id-id/berita/other/sejarah-hari-persahabatan-sedunia-yang-diperingati-setiap-30-juli-begini-cara-merayakannya/ar-AA1evpna.
(4) 30 Juli 2023 Memperingati Apa? Cek Kapan Hari Sahabat Sedunia 2023/Hari Persahabatan Sedunia 2023. https://kaltim.tribunnews.com/2023/07/29/30-juli-2023-memperingati-apa-cek-kapan-hari-sahabat-sedunia-2023hari-persahabatan-sedunia-2023.
(5) Hari Persahabatan Sedunia Diperingati 30 Juli, Ini Sejarahnya – detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5662906/hari-persahabatan-sedunia-diperingati-30-juli-ini-sejarahnya.

Baca Juga: