Hikmah Sakit dan Adab Menengok Orang Sakit

Adab menengok orang sakit

  1. Tidak menghadap langsung ke arah ointu, ketika meminta izin untuk masuk rumah atau ruangan.
  2. Janganlah mengetuk pinyu terlalu keras.
  3. Janganlah menyamarkan identitas terhadap orang yang dibezuk.
  4. Janganlan membezuk pada waktu yang kurang tetap, seperti waktunya istirahat, waktunya makan atau minum obat.
  5. Jangan berlama-lama, berada di tempat orang yang sedang sakit, sebaiknya membezuk secukupnya.
  6. Hendaknya membatasi pandangan mata, jangan jelalatan ke mana-mana, utamnya pada aurat orang yang sedang sakit.
  7. Jangan banyak bertanya kepada orang yang sedang sakit.
  8. Memperlihatkan rasa kasih sayang yang dalam.
  9. Jangan lupa mendo’akan kesembuhan kepada orang yang sakit.
  10. Memberikan motifasi kepada orang yang sakit untuk senantiasa bersabar, serta menghibur agar jangan putus asa, karena Allah akan menggantinya dengan yang lebih-baik.

Hikmah Sakit

1. Sakit Adalah Dzikrullah
Orang yang sedang sakit akan lebih sering menyebut asma Allah. Ia akan banyak berdzikir mengingat Allah dibandingkan ketika sehatnya.

2. Sakit Membawa Muhasabah
Muhasabah artinya merenungkan hal-hal baik maupun buruk atau dalam kata lain adalah introspkesi diri. Orang yang sakit akan punya lebih banyak waktu untuk merenungi diri apa yang sudah ia perbuat.

3. Sakit Itu Jihad
Orang yang sakit akan melakukan ikhtiar untuk kesembuhannya. Dan usahah yang ia lakukan menyembuhkan sakitnya termasuk Jihad Fi Sabilillah. Ia tidak hanya pasrah, akan tetapi terus ikhtiar untuk kesembuhannya.

4 Sakit Adalah Ladang Ilmu
Bukankah ketika sakit, kita akan memeriksa, dan mencari tahu cara pengobatannya. Alhasil orang yang sakit akan mendapatkan ilmu tentang sakit yang dideritanya berikut cara mengobatinya.

5. Sakit Sebagai Nasihat
Orang yang sakit selain mendapat doa, juga mendapat nasihat dan bimbingan dari orang lain. Orang yang menjenguknya akan menghiburnya agar mau bersabar. Allah mencintai yang sakit dan yang menjenguk karena saling menasihati untuk kesabaran.

6. Sakit Itu Penggugur Dosa
Inilah hikmah luar biasa yang tidak didapat oleh orang sehat begitu saja. Allah memberikan sakit sebagai ujian dan menghapus dosa-dosanya lewat sakit yang dialaminya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya demikian, “Tidaklah seseorang yang sedang sakit, terus menerus, kepayahan, sedih, bahkan menyusahkannya, kecuali dosa-dosanya akan dihapus Allah.”

7. Sakit Itu Mustajabnya Doa
Orang yang sedang sakit akan apabila ia bersabar maka Allah akan mengabulkan doanya. Begitu juga orang yang menjenguknya doanya sangat mustajab. Maka saat kita menengok yang sakit di samping kita mendoakannya, maka mintalah doanya Imam Suyuthi selalu keliling kota mencari orang sakit lalu beliau minta didoakan.