Menu Tutup

Lulusan apa saja yang bisa kerja di KUA? Ini penjelasannya

Kantor Urusan Agama (KUA) adalah salah satu unit kerja di bawah Kementerian Agama (Kemenag) yang berfungsi untuk memberikan pelayanan dan bimbingan kepada masyarakat Islam di bidang pernikahan, keluarga, masjid, zakat, wakaf, hisab rukyat, syariah dan manasik haji. KUA tersebar di seluruh kecamatan di Indonesia dan memiliki 10 tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 34 Tahun 201612.

Untuk bisa bekerja di KUA, tentu saja dibutuhkan lulusan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan Tupoksi KUA. Lalu, lulusan apa saja yang bisa kerja di KUA? Berdasarkan informasi dari berbagai sumber12, berikut adalah beberapa jurusan kuliah yang berpeluang untuk bekerja di KUA:

  • Jurusan Agama Islam. Jurusan ini adalah jurusan yang paling relevan dengan Tupoksi KUA, karena meliputi berbagai bidang keilmuan yang berkaitan dengan agama Islam, seperti akidah, fiqih, ushuluddin, tafsir, hadis, dakwah, syariah, hukum Islam, perbandingan agama dan sebagainya. Lulusan jurusan agama Islam bisa menjadi pegawai KUA dengan mendaftar menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kemenag atau mendaftar ketika ada pembukaan non-PNS (honorer). Selain itu, lulusan jurusan agama Islam juga bisa menjadi penghulu atau pejabat yang berwenang untuk menikahkan pasangan muslim.
  • Jurusan Hukum. Jurusan ini juga memiliki kaitan dengan Tupoksi KUA, terutama dalam hal pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk, serta bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah. Lulusan jurusan hukum bisa menjadi panitera atau pencatat pengadilan agama yang membantu hakim mencatat jalannya persidangan. Panitera pengadilan agama harus memiliki latar belakang pendidikan hukum atau agama Islam.
  • Jurusan Komunikasi. Jurusan ini juga bisa menjadi pilihan untuk bekerja di KUA, karena melatih kemampuan berkomunikasi secara efektif dan persuasif. Lulusan jurusan komunikasi bisa menjadi staf pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam yang bertugas untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang ajaran Islam dan program-program Kemenag. Selain itu, lulusan jurusan komunikasi juga bisa menjadi staf pengelola dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA yang bertanggung jawab untuk mengelola data dan informasi terkait dengan layanan dan bimbingan masyarakat Islam.
  • Jurusan Manajemen. Jurusan ini juga berkaitan dengan Tupoksi KUA, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya manusia, keuangan dan administrasi. Lulusan jurusan manajemen bisa menjadi staf pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA yang mengurus segala hal yang berkaitan dengan administrasi, keuangan, inventaris dan sarana prasarana KUA. Selain itu, lulusan jurusan manajemen juga bisa menjadi staf pelayanan bimbingan zakat dan wakaf yang mengelola program-program zakat dan wakaf di wilayah kerja KUA.
  • Jurusan Pendidikan Agama. Jurusan ini juga cocok untuk bekerja di KUA, karena memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan agama. Lulusan jurusan pendidikan agama bisa menjadi staf pelayanan bimbingan keluarga sakinah yang memberikan konseling dan bantuan kepada pasangan dan keluarga yang mengalami masalah. Selain itu, lulusan jurusan pendidikan agama juga bisa menjadi staf pelayanan bimbingan kemasjidan yang memberikan bimbingan kepada pengurus dan jamaah masjid tentang tata cara ibadah, manajemen masjid, dan pengembangan dakwah.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan untuk bekerja di KUA. Tentu saja, selain jurusan kuliah, ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi peluang kerja di KUA, seperti minat, bakat, prestasi, pengalaman, keterampilan, sikap dan lain-lain.

Sumber:
(1) 10 Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Agama Dan Gajinya – RENESIA. https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-jurusan-agama/.
(2) Tak Hanya Pernikahan, Ini 10 Tugas dan Fungsi KUA – iNews ID. https://www.inews.id/news/nasional/tak-hanya-pernikahan-ini-10-tugas-dan-fungsi-kua.

Baca Juga: