Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

Pengertian Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

Secara umum, Manajemen peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) dapat diartikan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah, memberikan fleksibilitas/keluwesan-keluwesan kepada sekolah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perudang-undangan yang berlaku.

Dengan otonomi yang lebih besar, sekolah lebih berdaya dalam mengembangkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan dan potensinya. Dengan fleksibilitasnya, sekolah akan lebih lincah dalam mengelola dn memanfaatkan sumber daya sekolah secara optimal. Demikian juga, dengan partisipasi  warga sekolah dan masyarakat secara langsung dalam penyelenggaraan sekolah, maka rasa memiliki mereka terhadap sekolah dapat ditingkatkan. Sehinggga menyebabkan peningkatan rasa tanggung jawab, dan peningkatan rasa tanggung jawab akan meningkatkan dedikasi warga sekolah dan masyarakat terhadap sekolah. Inilah esensi partisipasi warga sekolah dan masyarakat terhadap pendidikan.

Tujuan MPMBS

1) Meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemandirian, fleksibilitas, partisipasi, keterbukaan, kerja sama, akunntabilitas, sustainabilitas, dan inisiatif sekolah dalam mengelola, memanfaatkan, dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.

2) Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan  melalui pengambilan keputusan bersama.

3) Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya.

4) Meningkatkan kompitisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.

DAFTAR PUSTAKA

  • Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan.Jakarta: Kencana, 2003.
  • Rivai, Veithzal Rivai. Education Mnagement. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.