Menentukan Metode dan Teknik Pembelajaran

Metode dan teknik pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru untuk mengajarkan materi pembelajaran kepada siswa. Oleh karena itu, menentukan metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan kebutuhan siswa sangat penting agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Mengidentifikasi Kompetensi yang akan Dicapai

Sebelum menentukan metode dan teknik pembelajaran, pertama-tama perlu mengidentifikasi kompetensi yang akan dicapai setelah mengikuti mata pelajaran tersebut. Kompetensi harus jelas, spesifik, dan terukur, sehingga mudah untuk dicapai dan diukur.

Memahami Karakteristik Siswa

Setelah mengidentifikasi kompetensi yang akan dicapai, selanjutnya adalah memahami karakteristik siswa seperti minat, bakat, dan tingkat kesiapan. Dengan memahami karakteristik siswa, maka dapat dipilih metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Memilih Metode Pembelajaran yang Sesuai

Setelah memahami karakteristik siswa, selanjutnya adalah memilih metode pembelajaran yang sesuai. Beberapa metode pembelajaran yang dapat dipilih antara lain adalah:

  • Metode Diskusi Kelompok: Metode ini menekankan pada proses interaksi siswa untuk membahas, menganalisis, dan memecahkan masalah bersama-sama.
  • Metode Demonstrasi: Metode ini menekankan pada proses pembelajaran melalui demonstrasi yang dilakukan oleh guru atau siswa.
  • Metode Role Play: Metode ini menekankan pada proses pembelajaran melalui simulasi atau rekaan peran. Siswa dapat mempraktekkan keterampilan yang telah dipelajari melalui peran yang telah ditentukan.

Memilih Teknik Pembelajaran yang Sesuai

Setelah memilih metode pembelajaran yang sesuai, selanjutnya adalah memilih teknik pembelajaran yang sesuai. Beberapa teknik pembelajaran yang dapat dipilih antara lain adalah:

  • Teknik Tanya Jawab: Teknik ini menekankan pada proses interaksi siswa dengan guru melalui pertanyaan dan jawaban.
  • Teknik Project Based Learning: Teknik ini menekankan pada proses pembelajaran melalui kegiatan proyek yang dilakukan secara mandiri atau kelompok.
  • Teknik Simulation: Teknik ini menekankan pada proses pembelajaran melalui simulasi yang dilakukan untuk memahami konsep yang lebih kompleks.

Dengan memilih metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan kebutuhan siswa, maka proses pembelajaran akan lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Referensi:

  • Departemen Pendidikan Nasional. (2019). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/panduan-penyusunan-silabus
  • Universitas Negeri Jakarta. (2020). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari https://www.unj.ac.id/unj/panduan-penyusunan-silabus/
  • Universitas Brawijaya. (2019). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari https://www.ub.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/Panduan-Penyusunan-Silabus-UB.pd