Menu Tutup

Puasa Senin Kamis: Hikmah dan Keutamaannya

Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Puasa ini merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Berikut adalah beberapa hikmah dan keutamaan puasa Senin Kamis:

Menghapus dosa-dosa kecil

Salah satu hikmah puasa Senin Kamis adalah menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh seorang muslim. Rasulullah SAW bersabda:

“Amal perbuatan manusia dinaikkan pada hari Senin dan Kamis, maka aku senang amalku dinaikkan ketika aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda:

“Amal perbuatan manusia diperlihatkan kepada Allah pada hari Senin dan Kamis, maka Allah mengampuni setiap orang muslim kecuali dua orang yang bermusuhan. Allah berfirman: ‘Tangguhkan keduanya sampai mereka berdamai.’” (HR. Muslim)

Dari hadits-hadits tersebut, dapat dipahami bahwa puasa Senin Kamis adalah sarana untuk mendapatkan ampunan Allah SWT atas dosa-dosa kecil yang kita lakukan. Puasa ini juga merupakan motivasi untuk berdamai dengan sesama muslim yang berselisih dengan kita.

Menyucikan jiwa dan badan

Hikmah lain dari puasa Senin Kamis adalah menyucikan jiwa dan badan dari kotoran-kotoran yang menempel pada diri kita. Puasa adalah ibadah yang melibatkan seluruh anggota tubuh untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan suami istri, dan lain-lain. Dengan demikian, puasa dapat membersihkan badan dari hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan merusak.

Selain itu, puasa juga menyucikan jiwa dari sifat-sifat buruk yang mengotori hati, seperti marah, iri, dengki, sombong, riya, dan lain-lain. Puasa dapat menenangkan jiwa dan mengendalikan hawa nafsu yang seringkali menjerumuskan kita ke dalam kemaksiatan. Dengan puasa, jiwa menjadi lebih tenang, sabar, ikhlas, dan tawakkal.

Baca Juga: