Menu Tutup

Pulau Pahawang: Surga Tersembunyi di Lampung

Jika Anda mencari tempat wisata pantai yang indah dan menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona, Pulau Pahawang bisa menjadi pilihan yang tepat. Pulau ini terletak di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, dan merupakan salah satu surga tersembunyi yang masih belum banyak diketahui orang.

Pulau Pahawang sebenarnya terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Besar adalah pulau berpenduduk yang memiliki luas sekitar 1000 hektar dan dihuni oleh sekitar 1600 kepala keluarga. Di pulau ini, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas umum seperti puskesmas, sekolah, penginapan, dan warung makan.

Sementara itu, Pulau Pahawang Kecil adalah pulau yang dikelola secara privat oleh seorang warga negara asing yang dikenal dengan sebutan Mr. Joe. Di pulau ini, Anda bisa menikmati suasana alam yang lebih tenang dan eksklusif. Namun, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu untuk bisa mengunjungi pulau ini.

Salah satu daya tarik utama dari Pulau Pahawang adalah keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Di sekitar pulau ini, Anda bisa menemukan berbagai spot snorkeling yang menawarkan pemandangan terumbu karang dan biota laut yang beragam. Beberapa spot snorkeling yang populer di antaranya adalah Gosong Pancong, Cukuh Bedil, Gosong Bekri, dan Tanjung Putus.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Taman Nemo, sebuah spot snorkeling yang khusus menyajikan ikan badut atau nemo yang lucu dan menggemaskan. Anda bisa bermain dan berfoto bersama ikan-ikan nemo ini di bawah air.

Tidak hanya bawah lautnya yang indah, Pulau Pahawang juga memiliki pantai-pantai yang cantik dengan pasir putih dan air jernih. Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit atau terbenam yang romantis di pulau ini.

Selain Pulau Pahawang Besar dan Kecil, ada juga beberapa pulau lain yang bisa Anda kunjungi di sekitar Pulau Pahawang. Salah satunya adalah Pulau Kelagian Besar dan Kecil. Pulau Kelagian Besar memiliki pasir pantai putih yang indah dan sering dijadikan tempat latihan oleh pasukan TNI AL. Sementara itu, Pulau Kelagian Kecil sering dijadikan spot snorkeling pertama oleh wisatawan karena memiliki keindahan bawah laut yang menawan.

Untuk bisa menikmati semua pesona Pulau Pahawang dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan jasa travel atau tour operator yang menawarkan paket wisata ke pulau ini. Biasanya paket wisata tersebut sudah termasuk transportasi dari Bandar Lampung ke Dermaga Ketapang, kapal penyeberangan ke Pulau Pahawang, penginapan, makan, alat snorkeling, dan guide.

Harga paket wisata ke Pulau Pahawang bervariasi tergantung dari durasi, fasilitas, dan jumlah peserta. Namun rata-rata berkisar antara Rp 600 ribu sampai Rp 750 ribu untuk 3 hari 2 malam jika berangkat dari Jakarta . Harga tersebut sudah termasuk semua fasilitas yang dibutuhkan untuk menikmati wisata Pulau Pahawang.

Jika Anda tertarik untuk berlibur ke Pulau Pahawang, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum berangkat. Pertama, pastikan Anda membawa pakaian dan perlengkapan renang yang cukup. Kedua, bawa juga obat-obatan pribadi dan alat pelindung diri seperti sunblock, topi, dan kacamata hitam. Ketiga, jangan lupa untuk membawa kamera atau handphone yang tahan air untuk mengabadikan momen-momen indah di pulau ini.

Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi wisata pantai dan bawah laut yang wajib Anda kunjungi jika Anda berada di Lampung. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman snorkeling yang tak terlupakan.

Baca Juga: