Riba Rentenir Pasar

22

Praktek ribawi yang paling klasik dan paling tua umurnya tidak lain adalah praktek peminjaman uang oleh para rentenir yang banyak beroperasi di tengah masyarakat umum.

Dan lebih banyak lagi kita temukan mereka di pasar-pasar tradisional. Sebab di dalam pasar itu banyak sekali pedagang yang butuh modal kilat, kemudian setelah mereka berdagang seharian, sebagian dari keuntungannya digunakan buat membayar bunga renten.

Para rentenir itu menyediakan jasa peminjaman uang tunai yang bisa dicairkan dalam waktu cepat, sehingga menjadi rujukan buat mereka yang butuh dana segar secara cepat.

Tentu saja jasa itu bukan jasa gratisan, tetapi ada konsekuensi berat, yaitu kewajiban membayar bunga yang amat tinggi dalam waktu yang amat singkat. Dengan ketentuan seperti itu, hutang yang pokoknya tidak seberapa, akan segera menggelembung menjadi keuntungan puluhan kali lipat dalam waktu amat singkat.

Maka praktek bisnis meminjamkan uang dengan cara mudah dengan bunga tinggi cukup dikenal masyarakat bawah. Bahkan kadang disebut dengan ‘koperasi berjalan’, walaupun sebenarnya tidak lain hanyalah rentenir.

Meski jaman sudah maju, bank berdiri di setiap kota dan lorong, tapi rentenir tetap ada. Pelanggannya tetap banyak, terutama kalangan masyarakat menengah ke bawah. Meskipun mencekik, mereka yang terjerat tetap merasa berterima kasih karena tertolong.  Namun mengaku lebih memilih rentenir karena urusan dengan mereka tidak ribet, dan cepat. Sedangkan untuk meminjam uang ke bank perlu mekanisme yang panjang, dan lama.

Peminjam langsung mendapatkan uang begitu saja dari rentenir. Hari ini pinjam, hari ini langsung cair. Berbeda dengan bank yang harus survei dan melihat kelayakan peminjam. Memang, uang yang diterima tidak utuh, karena dipotong biaya administrasi. Tapi umumnya peminjam lebih memilih rentenir  karena kemudahan pencairan meski harus bayar lebih.

Sumber: Ahmad Sarwat, Kiat-kiat Menghindari Riba, Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2019

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini