Sejarah IAI An Nur Lampung

Bermula dari keprihatianan para tokok masyarakat serta warga desa Sidoharjo tidak adanya sarana pendidikan Formal, Khususnya Sekolah menengah Atas  yang berbasis pendidikan agama Islam demi mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa (IMTAQ) kepada Alalh SWT, serta manusia yang berilmu pengetahuan dan mampu menguasai teknologi (IPTEK). Mengingat sangat pentingnya suatu lembaga pendidikan formal yang berbasis Pendidikan agama islam maka timbullah gagasan dari para tokoh  masyaraka yang interest dengan pendidikan yang di prakarsai oleh bapak Dr. Andi warisno,M.MPd, Bapak Kodirin,S.Pd.I, Bapak bapak H. Muhammad Suwarno, bapak Munajat, bapak Jazim, bapak Sarman, bapak Paino, bapak Imam, dan juga didukung oleh bapak Kepala Desa Sidoharjo dan ketua LSM Pramukti bapak Gunarto maka berdirilah sebuah payung hukum yang di berinama Yayasan  Hidayatul Mubtadiin Jati Agung pada tanggal 16 Oktober 2003.

Pemberian Nama Hidayatul mubtadiin diambil setelah hasil perenungan yang panjang oleh para tokoh pendiri dan nama tersebut dinisbatkan dan sebagai bentuk tabaruk kepada Madrasah Hidayatul Mubtadiin pondok pesantren lirboyo Kediri. Nama Hidayatul Mubtadiin berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari Hidayatul yang berarti Petunjuk atau Hidayah sedangkan Mubtadiin berarti para pemula, Jadi yayasan  ini merupakan badan hukum yang menaungi lembaga pendidikan yang yang menjadi tempat belajar dan menimba ilmu agama bagi mereka yang ingin mendalaminya dengan berfahamkan Ahlussunnah Waljamaah mulai tingkat dasar Raudhlatul Athfal (RA), Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah sampai pada tingkat perguruan tinggi.

Pada awal mula pendirian Yayasan Hidayatul Mubtadiin Jati Agung mendapatkan hibah tanah wakaf dari bapak Munajat beserta  gedung yang terletak di RT/ RW 02/04 Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan sebagai tempat untuk belajar siswa, maka pada tanggal 05 mei 2003 berdirilah  MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung, dengan merehab gedung tersebut maka pada tahun ajaran 2003/2004 MTs Hidayatul Mubtadiin resmi dibuka ditandai dengan acara pengajian Akbar sebagai peresmian Madrasah Tsanawiyah (MTs) Hidayatul Mubtadiin, dua tahun kemudian berdirilah Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung pada tanggal 11 Juni 2005 tahun pelajaran 2015/2016 di pimpin oleh Bapak Dr. Andi Warisno,M.MPd sebagai Kepala Madrasah Pertama dan resmi beroperasi setelah mendapatkan persetujuan Ijin Operasional Dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung nomor: Kw.08.4/4/PP.00.1/1125/2006 pada tanggal 02 Agustus 2006.