Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Model, Karakteristik, Peranan dan Pemakai

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi yakni suatu sistem dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk penyiapan Informasi yang diperoleh dari pengumpulan dan pengolahan data transaksi yang mempunyai kegunaan bagi semua pemakai baik di dalam maupun di luar perusahaan.

Sistem Informasi Akuntansi juga sanggup diartikan sebagai kumpulan kegiata-kegiatan dari organisasi yang bertanggung jawab untuk menyediakan Informasi keuangan dan Informasi yang didapatkan dari transaksi data untuk tujuan pelaporan internal maupun eksternal perusahaan.

Sistem Informasi Akuntansi menyiapkan informasi bagi administrasi dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga menghipnotis kekerabatan organisasi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.

Sebagai sistem informasi akuntansi merupakan suatu sistem yang bertugas mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupum di luar perusahaan. Selain itu sistem informasi akuntansi yakni satu – satunya CBIS yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan.

Informasi akuntansi  berhubungan dengan suatu fungsi yang bertanggung jawab terhadap arus dana kedalam perusahaan, dana dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pemasaran, manufaktur dan kegiatan lainnya maka dari itu sangat perlu mengontrol semua arus dana biar penggunaannya bisa efektif.

Banyak pihak berkepentingan terhadap informasi keuangan suatu perusahaan. Jika dikategorikan ada dua kelompok besar yang sangat berkepentingan yaitu pihak eksternal dan internal. Keduanya mempunya peranan yang besar lengan berkuasa dalam memilih pertumbuhan perusahaan , terutama pihak internal yang terlibat pribadi pada pengelolaan keuangan. Informasi yang dihasilkan oleh pihak internal perusahaan di gunakan sebagai pendukung dalam kegiatan perusahaan sehari – hari dan pendukung dalam proses pengambilan keputusan.

Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh SIA dibedakan menjadi 2, yaitu :

–  informasi akuntansi keuangan, Informasi yang berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.

–  Informasi Akuntansi Manajemen, informasi yang mempunyai kegunaan bagi administrasi dalam pengambilan keputusan.

Model Sistem Informasi Akuntansi

Semua sumber data baik yang berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan dikumpulkan menjadi satu dan disimpan dalam suatu database. Setelah itu semua data yang telah berbentuk database, diubah dengan memakai perangkat lunak menjadi sebuah Informasi yang lebih bermanfaat bagi semua pemakai Informasi. Kemudian data yang telah diubah menjadi Informasi disampaikan ke semua pemakai yang membutuhkan, menyerupai administrasi dan pemakai intern maupun pemakai ekstern perusahaan.

Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi

Di bawah ini merupakan karakteristik Sistem Informasi Akuntansi :