Menu Tutup

Status, Peran, dan Mobilitas Sosial: Pengertian, Jenis, dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Status Sosial

Status sosial adalah kedudukan atau posisi seseorang atau kelompok dalam suatu sistem sosial. Status sosial menentukan hak dan kewajiban seseorang atau kelompok dalam berinteraksi dengan orang atau kelompok lain. Status sosial juga mencerminkan prestise atau penghargaan yang diberikan oleh masyarakat kepada seseorang atau kelompok.

Status sosial dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Status ascribed, yaitu status yang diperoleh seseorang sejak lahir atau karena faktor keturunan, misalnya jenis kelamin, suku, agama, ras, dan kasta.
  • Status achieved, yaitu status yang diperoleh seseorang karena usaha atau prestasi yang dicapai dalam hidupnya, misalnya pendidikan, pekerjaan, jabatan, kekayaan, dan keterampilan.

Peran Sosial

Peran sosial adalah perilaku atau tindakan yang diharapkan oleh masyarakat sesuai dengan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok. Peran sosial merupakan implementasi dari status sosial dalam kehidupan sehari-hari. Peran sosial juga mencerminkan tanggung jawab dan kewenangan seseorang atau kelompok dalam menjalankan fungsi sosialnya.

Peran sosial dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Peran formal, yaitu peran yang ditetapkan secara resmi oleh suatu lembaga atau organisasi yang memiliki aturan dan sanksi yang jelas, misalnya peran guru, dokter, polisi, dan presiden.
  • Peran informal, yaitu peran yang ditetapkan secara tidak resmi oleh suatu kelompok atau komunitas yang memiliki norma dan nilai yang tidak tertulis, misalnya peran teman, tetangga, sahabat, dan anggota keluarga.

Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat. Mobilitas sosial menunjukkan adanya dinamika dan perubahan dalam struktur sosial masyarakat.

Mobilitas sosial dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

Jenis Mobilitas SosialPengertianContoh
Mobilitas vertikalPerpindahan status sosial dari satu lapisan ke lapisan lain yang tidak sederajatSeorang karyawan naik jabatan menjadi manajer; seorang direktur dipecat dari jabatannya
Mobilitas horizontalPerpindahan status sosial dari satu lapisan ke lapisan lain yang sederajatSeorang guru pindah sekolah ke sekolah lain; seorang dokter pindah rumah sakit ke rumah sakit lain
Mobilitas intragenerasiPerpindahan status sosial dalam diri seseorang selama hidupnyaSeorang anak petani menjadi sarjana; seorang pengusaha bangkrut menjadi buruh
Mobilitas antargenerasiPerpindahan status sosial antara generasi orang tua dan anakSeorang anak pejabat menjadi pengacara; seorang anak nelayan menjadi nelayan

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Status, Peran, dan Mobilitas Sosial

Ada beberapa faktor yang memengaruhi status, peran, dan mobilitas sosial di masyarakat. Secara umum, faktor tersebut bisa bersifat individual maupun struktural. Berikut penjelasannya:

  • Faktor individual, yaitu faktor yang berkaitan dengan karakteristik pribadi seseorang atau kelompok, seperti bakat, minat, motivasi, prestasi, keterampilan, sikap, dan nilai. Faktor ini dapat mempengaruhi status dan peran sosial yang diperoleh atau dijalankan seseorang atau kelompok, serta mobilitas sosial yang terjadi dalam dirinya. Contohnya, seorang yang memiliki bakat dan minat di bidang seni dapat mencapai status dan peran sebagai seniman, serta mengalami mobilitas sosial naik jika karyanya diakui dan dihargai oleh masyarakat.
  • Faktor struktural, yaitu faktor yang berkaitan dengan kondisi sosial yang ada di masyarakat, seperti sistem sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum, pendidikan, dan teknologi. Faktor ini dapat mempengaruhi status dan peran sosial yang ditetapkan atau diharapkan bagi seseorang atau kelompok, serta mobilitas sosial yang terjadi antara lapisan-lapisan sosial. Contohnya, sistem kasta di India menetapkan status dan peran sosial berdasarkan kelahiran seseorang, serta menghambat mobilitas sosial antara kasta-kasta yang ada.

Sumber Referensi

1: Mobilitas Sosial: Pengertian, Jenis, Faktor, dan Dampaknya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/11/160000469/mobilitas-sosial–pengertian-jenis-faktor-dan-dampaknya-?page=all

2: Pengertian Mobilitas Sosial dan Faktor yang Memengaruhinya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/19/100000569/pengertian-mobilitas-sosial-dan-faktor-yang-memengaruhinya

3: Mobilitas Sosial: Pengertian, Bentuk, Faktor & Dampaknya.

Baca Juga: