Sunnah Rasul Ketika Ingin Tidur

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Rasulullah berpesan dalam sebuah hadis, bahwa seseorang yang tidur dalam keadaan berwudhu akan didoakan malaikat. Hadis itu berbunyi, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu (si fulan) karena tidur dalam keadaan suci”.

2. Membersihkan Tempat Tidur

Kita disunnahkan untuk mengebas tempat tidur sebelum menggunakannya untuk tidur. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah berpesan, “Apabila salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya, hendaklah ia kipas-kipas tempat tidurnya itu dengan sarungnya karena kita tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya”. Disunnahkan juga untuk mengucapkan “bismillah” saat kita mengebas tempat tidur.

3. Mematikan Lampu

Di dalam riwayat juga sudah dijelaskan bahwa padamkanlah lampu – lampu di malam hari pada saat hendak tidur, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman. Tidak hanya itu, dengan mematikan lampu ketika tidur juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Sebuah penelitian mengatakan jika tidur dengan kondisi lampu yang mati bisa memproduksi hormon melatonin dimana hormon ini di produksi pada saat lampu mati oleh kelenjar pineal. Fungsi hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur ritme tidur, dan menjaga kesehatan jantung. hormon melatonin juga bisa mencegah meningkat kolesterol dan juga anti kanker.

4. Berbaring Miring ke Kanan

Rasulullah selalu tidur dengan berbaring di sisi kanan. Menurut Ibnul Qoyyim, tidur berbaring di sisi kanan memiliki manfaat tersendiri. Tidur dalam posisi ini sangat dianjurkan agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun salat malam. Tidur pada sisi kanan juga bermanfaat bagi jantung.

Selain memiringkan tubuh ke arah kanan, Rasulullah juga tidur dengan meletakkan telapak kanan pada pipi kanan. Seorang sahabat Rasulullah pernah melihat beliau tidur dengan posisi ini.

5. Berdzikir dan Membaca Doa Sebelum Tidur

Sunnah rasul yang terakhir adalah Rasulullah berpesan dalam sebuah hadis, bahwa “Siapa yang duduk tanpa menyebut nama Allah di dalamnya maka di dalamnya ada kekurangan. Dan siapa yang tidur dalam keadaan tidak menyebut nama Allah di dalamnya maka di dalamnya ada kekurangan”. Berdzikir sebelum dan saat bangun tidur bisa membuat tidur kita menjadi penuh berkah.

Sumber: https://umroh.com/blog//sunnah-rasul/