Tips Sukses Sidang Tesis

Sidang tesis merupakan salah satu tahapan penting dalam menyelesaikan pendidikan S-2. Dilakukan untuk menguji kompetensi dan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan penelitian yang telah dilakukan. Sidang tesis merupakan proses yang cukup menegangkan dan membutuhkan persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk menyelesaikan sidang tesis dengan baik.

a. Membuat Rencana Sidang Tesis

Mengatur jadwal dan rencana yang jelas dan tepat waktu adalah kunci sukses dalam menyelesaikan sidang tesis. Membuat rencana yang jelas akan membuat Anda lebih terorganisir dan membuat Anda lebih siap saat menghadapi sidang tesis. Rencana ini harus mencakup semua hal yang harus dilakukan, mulai dari menyiapkan bahan-bahan sidang hingga mempersiapkan diri menghadapi penguji.

b. Menyiapkan Bahan Sidang

Mempersiapkan bahan sidang adalah hal yang penting untuk menyelesaikan sidang tesis dengan baik. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua bahan yang diperlukan untuk mempresentasikan hasil penelitian Anda secara jelas dan akurat. Ini termasuk slide presentasi, skripsi, buku-buku referensi, dan lain-lain.

c. Mempersiapkan Diri

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sidang tesis adalah proses yang menegangkan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi sidang tesis. Mulailah dengan menjelajahi hasil penelitian Anda dan menghafalkan materi presentasi Anda. Ini akan membantu Anda dalam menjawab pertanyaan yang mungkin diberikan oleh penguji Anda.

d. Menyiapkan Pertanyaan

Menyiapkan pertanyaan adalah cara lain untuk mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi sidang tesis. Mempersiapkan daftar pertanyaan yang mungkin diajukan kepada Anda akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan dengan lebih baik. Ini juga akan membantu Anda untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki sebelum sidang tesis.

e. Berdiskusi dengan Teman

Berdiskusi dengan teman-teman Anda yang telah melalui sidang tesis akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. Anda dapat meminta mereka untuk memberi saran dan tips tentang bagaimana cara terbaik untuk menghadapi sidang tesis. Ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang harus dihindari dan apa yang harus dilakukan saat menghadapi sidang tesis.

f. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan. Menjaga kesehatan adalah cara terbaik untuk menjaga konsentrasi dan ketenangan saat menghadapi sidang tesis. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengontrol stress dan ketegangan yang mungkin Anda alami saat menghadapi sidang tesis.