Apa Itu Kurikulum Merdeka? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Kurikulum Merdeka adalah salah satu inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan keleluasaan kepada pendidik dan peserta didik dalam menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar mereka. Kurikulum Merdeka diluncurkan pada tahun 2022 dan bersifat opsional, artinya satuan pendidikan dapat memilih untuk menerapkan kurikulum ini atau tetap menggunakan kurikulum sebelumnya1.

Pengertian Kurikulum Merdeka

Mengutip laman Kemendikbudristek, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi2. Kurikulum Merdeka juga memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan soft skills dan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila3.

Tujuan Kurikulum Merdeka

Tujuan dari Kurikulum Merdeka adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberdayakan potensi peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka juga bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad 21 dengan mengembangkan kompetensi dasar seperti literasi, numerasi, keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif4.

Karakteristik Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari kurikulum sebelumnya, antara lain:

  • Fokus pada materi esensial, relevan, dan mendalam sehingga ada waktu cukup untuk membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar3.
  • Keleluasaan bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan masing-masing peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal3.
  • Projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai kegiatan kokurikuler yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila3.
  • Tidak ada lagi jurusan atau peminatan di jenjang SMA, melainkan siswa dapat bebas memilih mata pelajaran yang diminatinya di dua tahun terakhir saat SMA5.

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan yang dapat memberikan manfaat bagi peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan, antara lain:

  • Peserta didik dapat belajar sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
  • Pendidik dapat berperan sebagai fasilitator, mentor, dan inspirator bagi peserta didik serta dapat meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan mereka.
  • Satuan pendidikan dapat mengembangkan kurikulum operasional yang sesuai dengan karakteristik, visi, misi, dan tujuan mereka serta dapat berbagi praktik-praktik baik dengan satuan pendidikan lain.

Sumber:
(1) Kurikulum Merdeka – Kemendikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/.
(2) Apa Itu Kurikulum Merdeka? Begini Penjelasan Lengkap Kemendikbud. https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/12/210034971/apa-itu-kurikulum-merdeka-begini-penjelasan-lengkap-kemendikbud.
(3) Apa Itu Kurikulum Merdeka? Ini Pengertian & Prinsip … – detikcom. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6818335/apa-itu-kurikulum-merdeka-ini-pengertian–prinsip-pembelajarannya.
(4) Kurikulum Merdeka Belajar: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, hingga …. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6823183/kurikulum-merdeka-belajar-pengertian-tujuan-karakteristik-hingga-keunggulannya.
(5) Kurikulum Merdeka – Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka.