Diklat Polsuspas: Durasi, Materi, dan Lokasi

Polsuspas adalah singkatan dari Polisi Khusus Pemasyarakatan, yaitu aparatur sipil negara di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang bertugas menjaga, mengawasi, dan membina narapidana dan tahanan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara12. Polsuspas bukan bagian dari Polri, tetapi memiliki kewenangan untuk melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan, dan penyidikan terhadap tindak pidana yang terjadi di lingkungan pemasyarakatan1.

Untuk menjadi Polsuspas, calon pegawai harus mengikuti seleksi CPNS yang dilakukan oleh Kemenkumham. Seleksi CPNS meliputi tes kompetensi dasar (TKD), tes kompetensi bidang (TKB), dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Setelah lulus seleksi CPNS, calon pegawai harus mengikuti diklat prajabatan selama 6 bulan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemasyarakatan (Pusdiklatpas) di Sukabumi, Jawa Barat3.

Diklat prajabatan adalah diklat yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional kepada calon pegawai sebagai dasar pelaksanaan tugas sebagai Polsuspas. Diklat prajabatan terdiri dari beberapa mata pelajaran, seperti hukum pidana, hukum acara pidana, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum perdata, hukum acara perdata, hukum internasional, hukum ham, hukum pemasyarakatan, administrasi pemasyarakatan, manajemen pemasyarakatan, psikologi pemasyarakatan, sosial pemasyarakatan, kesehatan pemasyarakatan, keamanan pemasyarakatan, kesamaptaan jasmani, bela negara, dan bahasa asing3.

Selain diklat prajabatan, calon pegawai juga harus mengikuti diklat samapta yang wajib diikuti oleh semua petugas pemasyarakatan. Diklat samapta adalah diklat untuk menguji dan mempertahankan fisik para petugas pemasyarakatan. Diklat samapta dilaksanakan bekerja sama dengan TNI atau Polri. Diklat samapta meliputi latihan fisik seperti lari, senam, push up, sit up, pull up, renang, dan bela diri. Diklat samapta juga meliputi latihan mental seperti disiplin, loyalitas, integritas, tanggung jawab, dan jiwa korsa4.

Diklat samapta biasanya dilakukan setelah diklat prajabatan selesai. Diklat samapta berlangsung selama 2 minggu di lokasi yang ditentukan oleh Kemenkumham. Contohnya adalah diklat samapta yang digelar pada 5-18 April 2017 berlokasi di Detasemen A Pelopor Satbrimobda DIY Yogyakarta. Diklat ini diikuti oleh 30 orang pegawai dari berbagai unit pelayanan teknis di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY4.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa diklat Polsuspas terdiri dari dua jenis diklat yaitu diklat prajabatan dan diklat samapta. Diklat prajabatan dilakukan selama 6 bulan di Pusdiklatpas Sukabumi. Diklat samapta dilakukan selama 2 minggu di lokasi yang ditentukan oleh Kemenkumham. Total waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti diklat Polsuspas adalah 6 bulan 2 minggu.

Sumber:
(1) Polsuspas – Polisi Khusus Pemasyarakatan. https://polsuspas.com/.
(2) Polsuspas Adalah: Arti, Tugas & Pangkat – LokerPintar.id. https://lokerpintar.id/2022/10/01/polsuspas-adalah-arti-tugas-pangkat/.
(3) Pendaftaran Polsuspas Kemenkumham Lulusan SMA 2023, Syarat,…. https://mamikos.com/info/pendaftaran-polsuspas-kemenkumham-mhs/.
(4) Diklat Samapta Polsuspas Kemenkumham – YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=DqnsvPGmX_E.
(5) undefined. https://instagram.com/polsuspas.id/.
(6) undefined. https://m.facebook.com/infosipirpenjara/.
(7) undefined. https://www.facebook.com/groups/28610.