Gerak Endonom pada Tumbuhan: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk bergerak. Gerak tumbuhan dapat dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam atau dari luar. Gerak yang dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam tumbuhan disebut gerak endonom.

Gerak ini juga dikenal sebagai gerak spontan atau gerak autonom. Gerak endonom terjadi karena adanya faktor internal tumbuhan, seperti metabolisme, perubahan kadar air, atau aliran sitoplasma. Gerak endonom dapat diamati dengan menggunakan mikroskop atau alat bantu lainnya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang gerak endonom pada tumbuhan.

Pengertian Gerak Endonom

Menurut Siti Paramitha Retno Wardhani, S. Si (2020) dalam buku Smart Bio Series: IPA Biologi SMA/MA Kelas 10, 11, 12, gerak endonom adalah gerak yang tidak dipengaruhi faktor dari luar, namun terjadi lantaran faktor dari dalam tumbuhan itu sendiri1.

Gerak endonom adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan yang berasal dari dalam sel atau tubuh tumbuhan2. Gerak endonom adalah gerak yang terjadi atau dihasilkan dengan tanpa adanya pengaruh faktor. Gerak tersebut terjadi sebagai bentuk terjadinya mekanisme metabolisme tumbuhan3.

Jenis-Jenis Gerak Endonom

Gerak endonom dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Gerak siklosis. Gerak siklosis adalah gerak yang disebabkan oleh aliran sitoplasma. Sitoplasma adalah bagian dari sel yang berisi cairan dan organel. Aliran sitoplasma dapat menggerakkan organel, seperti kloroplas, di dalam sel. Contoh gerak siklosis adalah gerakan protoplasma pada sel-sel Hydrilla4. Hydrilla adalah tanaman air yang memiliki daun-daun kecil yang berisi kloroplas. Kloroplas dapat bergerak mengelilingi sel dengan bantuan aliran sitoplasma. Gerak siklosis dapat membantu tumbuhan mendapatkan cahaya matahari yang optimal untuk fotosintesis.
  • Gerak nutasi. Gerak nutasi adalah gerakan spiral pada tumbuhan merambat. Tumbuhan merambat adalah tumbuhan yang memiliki batang yang panjang dan lentur, sehingga dapat melilit atau merambat pada benda lain. Contoh tumbuhan merambat adalah kacang panjang, bunga morning glory, dan anggrek. Gerak nutasi terjadi karena adanya pertumbuhan yang tidak merata pada batang tumbuhan. Pertumbuhan yang tidak merata ini disebabkan oleh faktor internal, seperti hormon auksin. Hormon auksin adalah hormon yang dapat merangsang pertumbuhan tumbuhan. Hormon auksin dapat berpindah dari sisi yang terkena cahaya ke sisi yang tidak terkena cahaya. Hal ini menyebabkan sisi yang tidak terkena cahaya tumbuh lebih cepat daripada sisi yang terkena cahaya. Akibatnya, batang tumbuhan akan bergerak melingkar atau spiral. Gerak nutasi dapat membantu tumbuhan merambat mencari penyangga atau tempat yang sesuai untuk tumbuh.
  • Gerak silia. Gerak silia adalah gerakan pada zoospora tumbuhan. Zoospora adalah sel tumbuhan yang memiliki flagela atau silia. Flagela atau silia adalah struktur yang berbentuk rambut atau cambuk yang dapat bergerak-gerak. Contoh tumbuhan yang memiliki zoospora adalah ganggang atau alga. Ganggang atau alga adalah tumbuhan yang hidup di air, baik air tawar maupun air laut. Zoospora dapat bergerak dengan cara menggerakkan flagela atau silia mereka. Gerak silia dapat membantu zoospora menyebar atau berpindah tempat.
Baca Juga:  Organel: Struktur Khusus dalam Sel yang Berperan dalam Berbagai Proses Seluler

Contoh Gerak Endonom

Berikut adalah beberapa contoh gerak endonom pada tumbuhan:

  • Gerak siklosis pada daun Hydrilla. Daun Hydrilla dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Dengan mikroskop, dapat dilihat bahwa kloroplas pada daun Hydrilla bergerak mengelilingi sel dengan bantuan aliran sitoplasma. Gerak ini dapat membantu daun Hydrilla mendapatkan cahaya matahari yang optimal untuk fotosintesis.
  • Gerak nutasi pada batang kacang panjang. Batang kacang panjang dapat diamati dengan mata telanjang. Dapat dilihat bahwa batang kacang panjang bergerak melilit ke kanan. Gerak ini terjadi karena adanya pertumbuhan yang tidak merata pada batang kacang panjang. Pertumbuhan yang tidak merata ini disebabkan oleh hormon auksin yang berpindah dari sisi yang terkena cahaya ke sisi yang tidak terkena cahaya. Gerak ini dapat membantu batang kacang panjang mencari penyangga atau tempat yang sesuai untuk tumbuh.
  • Gerak silia pada zoospora ganggang. Zoospora ganggang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Dengan mikroskop, dapat dilihat bahwa zoospora ganggang memiliki flagela atau silia yang bergerak-gerak. Gerak ini dapat membantu zoospora ganggang menyebar atau berpindah tempat.

Kesimpulan

Gerak endonom adalah gerak yang dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam tumbuhan. Gerak ini juga dikenal sebagai gerak spontan atau gerak autonom. Gerak endonom terjadi karena adanya faktor internal tumbuhan, seperti metabolisme, perubahan kadar air, atau aliran sitoplasma. Gerak endonom dapat diamati dengan menggunakan mikroskop atau alat bantu lainnya. Jenis-jenis gerak endonom antara lain adalah gerak siklosis, gerak nutasi, dan gerak silia. Contoh gerak endonom antara lain adalah gerak siklosis pada daun Hydrilla, gerak nutasi pada batang kacang panjang, dan gerak silia pada zoospora ganggang.

Baca Juga:  Sel Tumbuhan: Struktur, Fungsi, dan Jenisnya

Sumber:
(1) Pengertian Gerak Endonom Beserta Jenis-jenis dan Contohnya. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-gerak-endonom-beserta-jenis-jenis-dan-contohnya-1wYLnzcvVHu.
(2) Contoh Sistem Gerak pada Tumbuhan: Endonom, Nasti, hingga Taksis – Tirto.ID. https://tirto.id/contoh-sistem-gerak-pada-tumbuhan-endonom-nasti-hingga-taksis-gvJ1.
(3) Gerak pada Tumbuhan Halaman all – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/04/070000469/gerak-pada-tumbuhan?page=all.
(4) 7 Contoh Gerak Endonom pada Tumbuhan Terlengkap. https://dosenbiologi.com/tumbuhan/contoh-gerak-endonom-pada-tumbuhan.
(5) Pengertian Gerak Endonom Beserta Jenis-jenis dan Contohnya. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-gerak-endonom-beserta-jenis-jenis-dan-contohnya-1wYLnzcvVHu.
(6) Gerak pada Tumbuhan Halaman all – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/04/070000469/gerak-pada-tumbuhan?page=all.
(7) 7 Contoh Gerak Endonom pada Tumbuhan Terlengkap. https://dosenbiologi.com/tumbuhan/contoh-gerak-endonom-pada-tumbuhan.
(8) Sistem Gerak pada Tumbuhan: Endonom, Higroskopis, dan Esionom. https://bobo.grid.id/read/082852573/sistem-gerak-pada-tumbuhan-endonom-higroskopis-dan-esionom.