Menu Tutup

Hari Batik Sedunia 2023: Sejarah, Makna, dan Cara Merayakannya

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendapat pengakuan internasional sebagai warisan budaya takbenda dari UNESCO. Batik adalah sebuah teknik, simbol, dan kebudayaan terkait teknik mewarnai katun dan sutra dengan tangan1. Batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir2.

Untuk mengapresiasi dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tanggal ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang dikeluarkan pada 17 November 20093.

Selain itu, tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Sedunia atau World Batik Day. Hal ini karena pada tanggal tersebut, batik Indonesia dikukuhkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda yang diselenggarakan di Abu Dhabi pada tahun 20094.

Sejarah Hari Batik Sedunia

Hari Batik Sedunia berawal dari inisiatif seorang perempuan asal Indonesia yang bernama Erlin Barnard. Ia adalah seorang pengusaha batik yang tinggal di Amerika Serikat. Ia mendirikan sebuah organisasi bernama World Batik Council (WBC) pada tahun 2008 dengan tujuan untuk mempromosikan batik Indonesia di dunia internasional.

Baca Juga:  Sejarah Singkat Sepak Bola: Dari Permainan Kuno Hingga Kompetisi Modern

Pada tahun 2009, ia mendengar kabar bahwa batik Indonesia akan ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO. Ia pun berinisiatif untuk mengajukan proposal kepada UNESCO untuk menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Sedunia. Proposal tersebut didukung oleh beberapa negara anggota UNESCO, seperti Amerika Serikat, Jepang, China, India, Malaysia, Singapura, dan lain-lain.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, proposal tersebut disetujui oleh UNESCO dan Hari Batik Sedunia resmi ditetapkan. Sejak saat itu, setiap tahunnya berbagai negara di dunia merayakan Hari Batik Sedunia dengan menggelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan batik, seperti pameran, workshop, seminar, festival, fashion show, dan lain-lain.

Makna Hari Batik Sedunia

Hari Batik Sedunia memiliki makna yang penting bagi Indonesia dan dunia. Berikut ini adalah beberapa makna dari Hari Batik Sedunia:

  • Menunjukkan rasa bangga dan cinta terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni, sejarah, dan filosofi yang tinggi.
  • Menyadarkan masyarakat akan pentingnya melestarikan dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya takbenda yang harus dijaga keberadaannya.
  • Meningkatkan apresiasi dan penghargaan dunia terhadap batik sebagai salah satu karya seni yang unik dan indah.
  • Mendorong kerjasama dan pertukaran budaya antara negara-negara di dunia yang memiliki tradisi batik atau seni tekstil lainnya.
  • Membuka peluang ekonomi dan sosial bagi para pelaku industri batik, baik produsen, pengrajin, desainer, maupun penjual.
Baca Juga:  Perjuangan Menuju Kemerdekaan Indonesia

Cara Merayakan Hari Batik Sedunia

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Batik Sedunia. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Mengenakan pakaian atau aksesoris berbahan atau bermotif batik pada tanggal 2 Oktober. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik individu maupun kelompok, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Menghadiri atau mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan batik, seperti pameran, workshop, seminar, festival, fashion show, dan lain-lain. Hal ini bisa dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintah, swasta, pendidikan, sosial, budaya, atau komunitas.
  • Membeli atau memberi hadiah berupa produk-produk batik, baik yang tradisional maupun modern, baik yang lokal maupun internasional. Hal ini bisa dilakukan oleh konsumen maupun produsen batik.
  • Mempelajari atau mengajarkan teknik, sejarah, dan filosofi batik kepada orang lain, baik secara formal maupun informal. Hal ini bisa dilakukan oleh para ahli, guru, mahasiswa, pelajar, atau masyarakat umum.
  • Membuat atau mengunggah karya-karya seni yang terinspirasi oleh batik, baik yang berupa lukisan, foto, video, musik, puisi, cerita, atau lainnya. Hal ini bisa dilakukan oleh para seniman, kreator, media sosial, atau masyarakat umum.

Sumber:
(1) Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023 dan Maknanya – detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6955777/sejarah-hari-batik-nasional-2-oktober-2023-dan-maknanya.
(2) Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023 dan Cara Merayakannya. https://news.detik.com/berita/d-6956828/sejarah-hari-batik-nasional-2-oktober-2023-dan-cara-merayakannya.
(3) Daftar Hari Besar Nasional-Internasional Oktober 2023, Cek di Sini!. https://www.detik.com/sumut/berita/d-6954814/daftar-hari-besar-nasional-internasional-oktober-2023-cek-di-sini.
(4) Daftar Hari Nasional dan Internasional Bulan Oktober 2023 – detikNews. https://news.detik.com/berita/d-6945661/daftar-hari-nasional-dan-internasional-bulan-oktober-2023.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: