Menu Tutup

Lembaga Pembiayaan Non Bank: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Lembaga pembiayaan non bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan pokoknya memberikan jasa-jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung. Lembaga pembiayaan non bank berbeda dengan bank, karena tidak dapat menerima simpanan dalam bentuk giro, tabungan, atau deposito. Lembaga pembiayaan non bank juga tidak dapat menciptakan uang giral atau uang kartal.

Lembaga pembiayaan non bank memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian nasional, karena dapat memberikan alternatif sumber pembiayaan bagi masyarakat dan dunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Lembaga pembiayaan non bank juga dapat membantu mengembangkan pasar modal dan pasar uang, serta meningkatkan inklusi keuangan.

Jenis Lembaga Pembiayaan Non Bank

Ada tiga jenis lembaga pembiayaan non bank yang beredar, yaitu:

  • Jenis Pembiayaan Pembangunan Jenis pembiayaan pembangunan adalah jenis lembaga pembiayaan non bank yang memberikan kredit dalam jangka menengah hingga panjang. Jenis lembaga satu ini juga melakukan penyiutan modal dalam perusahaan. Contoh lembaga pembiayaan pembangunan adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI, yang merupakan BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur1.
  • Jenis Investasi Jenis investasi adalah jenis lembaga pembiayaan non bank yang melakukan usaha sebagai perantara dalam penerbitan surat berharga dan menjamin serta menanggung terjualnya surat berharga (underwriter). Contoh lembaga pembiayaan investasi adalah PT Danareksa (Persero), yang merupakan BUMN yang bergerak di bidang pasar modal2.
  • Jenis Lainnya Jenis lainnya merupakan jenis lembaga pembiayaan non bank yang bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang tertentu, misalnya memberikan pinjaman untuk masyarakat dengan penghasilan menengah. Contoh lembaga pembiayaan lainnya adalah perusahaan pembiayaan, perusahaan modal ventura, perusahaan asuransi, perusahaan dana pensiun, dan perusahaan penjaminan.
Baca Juga:  Pemasaran Perbankan: Konsep, Strategi, dan Implementasi

Perusahaan Pembiayaan

Perusahaan pembiayaan adalah lembaga pembiayaan non bank yang melakukan aktivitas bisnis berupa sewa guna usaha (leasing), pembiayaan konsumen, usaha kartu kredit, serta anjak piutang. Perusahaan pembiayaan mendapatkan dana dari pinjaman bank atau penerbitan surat utang. Perusahaan pembiayaan memberikan manfaat bagi nasabah yang membutuhkan dana untuk membeli barang modal atau barang konsumsi dengan cara mencicil. Contoh perusahaan pembiayaan adalah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk., PT BFI Finance Indonesia Tbk., dan PT Mandiri Tunas Finance3.

Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura adalah lembaga pembiayaan non bank yang melakukan investasi dengan resiko yang cukup tinggi. Tujuan didirikannya perusahaan seperti ini adalah untuk melakukan penanaman modal dalam suatu usaha yang mengandung resiko tinggi. Perusahaan modal ventura mengumpulkan uang dari lembaga dan orang-orang kaya untuk kemudian digunakan sebagai investasi di perusahaan teknologi yang akan membuat nilai uang tersebut akan bertambah. Perusahaan modal ventura mendapatkan laba dari perusahaan-perusahaan yang mereka anggap menjanjikan setelah proses identifikasi dan setelah perusahaan tersebut didanai. Contoh perusahaan modal ventura adalah PT Mandiri Capital Indonesia, PT East Ventures Indonesia, dan PT Alpha JWC Ventures4.

Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah lembaga pembiayaan non bank yang menyediakan beragam produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial bagi individu maupun perusahaan dan mendapatkan imbal balik dari pembayaran premi. Perusahaan asuransi memberikan jaminan atas risiko kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti. Contoh perusahaan asuransi adalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Asuransi Allianz Life Indonesia, dan PT Asuransi Sinar Mas5.

Perusahaan Dana Pensiun

Perusahaan dana pensiun adalah lembaga pembiayaan non bank yang mengelola dan menjalankan program manfaat pensiun, termasuk dana pensiun yang menyelenggarakan seluruh atau sebagian usahanya dengan prinsip syariah. Perusahaan dana pensiun didirikan oleh perusahaan, lembaga sosial, atau orang perorangan yang mempekerjakan karyawan. Perusahaan dana pensiun memberikan penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasanya mengabdi pada negara atau perusahaan. Contoh perusahaan dana pensiun adalah PT TASPEN (Persero), PT Dana Pensiun BRI, dan PT Dana Pensiun Telkom6.

Baca Juga:  Apa kelebihan dan kekurangan dari koperasi?

Perusahaan Penjaminan

Perusahaan penjaminan adalah lembaga pembiayaan non bank yang bergerak di bidang keuangan dengan kegiatan usaha utama melakukan penjaminan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penjaminan. Perusahaan penjaminan menanggung pembayaran atas kewajiban finansial dari terjamin kepada penerima jaminan apabila terjamin tidak dapat lagi memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian yang telah disepakati. Perusahaan penjaminan membantu mengembangkan akses bagi dunia usaha, khususnya UMKM dan koperasi kepada sumber pembiayaan. Contoh perusahaan penjaminan adalah PT Jamkrindo (Persero), PT Sinarmas Penjaminan Kredit, dan PT Jamkrida Jawa Barat7.

Kesimpulan

Lembaga pembiayaan non bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan pokoknya memberikan jasa-jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung. Lembaga pembiayaan non bank memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian nasional, karena dapat memberikan alternatif sumber pembiayaan bagi masyarakat dan dunia usaha, khususnya UMKM. Jenis lembaga pembiayaan non bank antara lain adalah perusahaan pembiayaan, perusahaan modal ventura, perusahaan asuransi, perusahaan dana pensiun, dan perusahaan penjaminan. Masing-masing jenis lembaga pembiayaan non bank memiliki karakteristik, fungsi, dan manfaat yang berbeda-beda bagi nasabahnya.

Sumber:
(1) 10 Contoh Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia – detikFinance. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6361818/10-contoh-lembaga-keuangan-non-bank-di-indonesia.
(2) IKNB – Portal OJK. https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/Pages/Lembaga-Pembiayaan.aspx.
(3) Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank dan Jenis dan Fungsinya – Jurnal. https://www.jurnal.id/id/blog/lembaga-keuangan-bukan-bank/.
(4) Lembaga Keuangan Bukan Bank, Kenali Fungsi dan Jenisnya. https://www.harmony.co.id/blog/lembaga-keuangan-bukan-bank-kenali-jenisnya/.
(5) Pengertian Perusahaan Pembiayaan: Ini Contoh dan Manfaatnya!. https://www.ad-ins.com/id/pengertian-contoh-dan-manfaat-perusahaan-pembiayaan/.
(6) Perusahaan Pembiayaan : Definisi, Jenis, dan Contohnya. https://www.bfi.co.id/id/blog/perusahaan-pembiayaan-definisi-jenis-dan-contohnya.
(7) Perusahaan Pembiayaan – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_Pembiayaan.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: