Menu Tutup

Pengertian, Jenis, dan Dampak Bencana Alam

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam1. Bencana alam dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia, lingkungan, dan harta benda. Bencana alam dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:

Bencana Geologi

Bencana geologi adalah bencana yang terkait dengan proses geologis di dalam atau di permukaan bumi. Bencana geologi dapat dipicu oleh pergerakan lempeng tektonik, aktivitas vulkanik, erosi, longsor, dan lain-lain. Contoh bencana geologi adalah:

  • Gempa bumi: Getaran atau goncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi2. Gempa bumi dapat merusak bangunan, infrastruktur, dan menyebabkan korban jiwa. Gempa bumi juga dapat memicu bencana lain seperti tsunami, tanah longsor, dan gunung meletus.
  • Tsunami: Gelombang air laut yang sangat besar dan tinggi yang disebabkan oleh gempa bumi, gunung meletus, atau longsor bawah laut2. Tsunami dapat menghancurkan permukiman di pesisir, menenggelamkan kapal, dan menewaskan banyak orang.
  • Gunung meletus: Pengeluaran batuan cair, pecahan batu panas, dan gas panas dari dalam gunung berapi2. Gunung meletus dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, polusi udara, hujan abu, aliran lava, dan lahar. Gunung meletus juga dapat mempengaruhi iklim global.

Bencana Hidrometeorologi

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang terkait dengan proses atmosfer, hidrologi, dan oseanografi. Bencana hidrometeorologi dapat dipengaruhi oleh perubahan iklim, variabilitas cuaca, dan siklus air. Contoh bencana hidrometeorologi adalah:

  • Banjir: Keadaan dimana air meluap atau menutupi daratan yang biasanya kering2. Banjir dapat disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, luapan sungai, rob, atau pecahnya tanggul. Banjir dapat merendam rumah, lahan pertanian, dan fasilitas umum. Banjir juga dapat menyebarkan penyakit dan mengganggu transportasi.
  • Kekeringan: Keadaan dimana terjadi kekurangan air yang berkepanjangan2. Kekeringan dapat disebabkan oleh curah hujan yang rendah, penguapan yang tinggi, atau penggunaan air yang berlebihan. Kekeringan dapat mengakibatkan gagal panen, kelaparan, dan krisis air. Kekeringan juga dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan konflik sosial.
  • Angin topan: Angin kencang yang berputar-putar dengan kecepatan lebih dari 118 km/jam2. Angin topan dapat disebut juga dengan siklon tropis, badai tropis, atau taifun, tergantung pada lokasi terjadinya. Angin topan dapat menimbulkan hujan lebat, banjir, gelombang tinggi, dan kerusakan fisik. Angin topan juga dapat mengancam keselamatan manusia dan hewan.
Baca Juga:  Di Bulan November 2023, Memperingati Hari Apa Saja?

Bencana Biologi

Bencana biologi adalah bencana yang terkait dengan proses biologis yang melibatkan organisme hidup. Bencana biologi dapat dipicu oleh faktor alam atau faktor manusia. Contoh bencana biologi adalah:

  • Wabah penyakit: Penyebaran luas dan cepat dari penyakit menular yang menginfeksi manusia, hewan, atau tanaman2. Wabah penyakit dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit. Wabah penyakit dapat menurunkan kualitas kesehatan, produktivitas, dan kesejahteraan. Wabah penyakit juga dapat menimbulkan kematian massal dan krisis sosial.
  • Serangan hama: Perkembangbiakan dan penyebaran berlebihan dari hama yang merusak tanaman, hewan, atau manusia2. Serangan hama dapat disebabkan oleh perubahan lingkungan, ketidakseimbangan ekosistem, atau penggunaan pestisida yang tidak tepat. Serangan hama dapat mengurangi hasil panen, menyebabkan kerugian ekonomi, dan menimbulkan penyakit.
  • Invasi spesies asing: Masuknya dan penyebaran spesies yang bukan asli dari suatu wilayah2. Invasi spesies asing dapat disebabkan oleh perdagangan, transportasi, atau pelepasan tidak sengaja. Invasi spesies asing dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, mengancam keanekaragaman hayati, dan menggantikan spesies lokal.

Sumber:
(1) Definisi Bencana – BNPB. https://bnpb.go.id/definisi-bencana.
(2) Bencana Alam: Jenis, Penyebab dan Penanggulangannya – Kompas.com. https://www.kompas.com/
(3) Jenis-jenis Bencana dan Contohnya – Kompas.com. https://www.kompas.com

Posted in Ragam

Artikel Terkait: