Menu Tutup

Penyakit Sistem Pencernaan: Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Pengobatan

Sistem pencernaan adalah serangkaian jaringan organ yang memiliki fungsi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan mencakup mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan usus besar. Organ pencernaan tambahan meliputi gigi, lidah, kelenjar ludah, hati, kantung empedu, dan pankreas1.

Sistem pencernaan dapat mengalami gangguan atau penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi kuman, makanan, stres, obat-obatan, atau kelainan bawaan. Gangguan atau penyakit sistem pencernaan dapat menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri, mual, muntah, diare, sembelit, perdarahan, atau penurunan berat badan2. Beberapa gangguan atau penyakit sistem pencernaan yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang timbul pada gigi atau gusi. Sakit gigi yang paling sering disebabkan oleh adanya lubang pada gigi. Gigi berlubang juga disebut karies. Karies terjadi akibat sisa makanan yang menempel pada gigi dan menjadi sarang bakteri. Bakteri akan menghasilkan asam yang merusak lapisan email gigi dan menyebabkan gigi keropos. Jika karies semakin dalam, bakteri akan masuk ke dalam rongga gigi dan menyerang pembuluh darah dan saraf gigi3.

Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya, seperti jantung, mata, dan ginjal. Sakit gigi dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi secara rutin, menghindari makanan yang banyak mengandung gula atau asam, dan melakukan pemeriksaan gigi secara berkala3.

Maag

Maag atau gastritis adalah peradangan pada dinding lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung (HCl) berlebih sehingga mengikis jaringan pada dinding lambung. Maag dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, stres, infeksi bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau anti-inflamasi nonsteroid (AINS), atau konsumsi alkohol4.

Maag dapat menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, perut kembung, nafsu makan berkurang, atau perdarahan saluran cerna. Maag dapat dicegah dengan mengatur pola makan yang sehat dan teratur, menghindari makanan pedas atau asam, mengurangi stres, menghentikan kebiasaan merokok atau minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter4.

Apendisitis

Apendisitis adalah peradangan pada umbai cacing (apendiks), yaitu tonjolan kecil berbentuk kantong yang terletak di ujung usus besar sebelah kanan bawah. Apendisitis biasanya disebabkan oleh tersumbatnya lubang apendiks oleh feses keras (fekalit), lendir, parasit, atau benda asing lainnya. Hal ini menyebabkan apendiks menjadi bengkak dan terinfeksi bakteri5.

Baca Juga:  Tiga Jenis Sapi Paling Mahal di Dunia: Holstein, Brangus, dan Limousin

Apendisitis dapat menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri perut sebelah kanan bawah yang semakin parah jika ditekan atau digerakkan, demam, mual, muntah, nafsu makan berkurang, atau sembelit. Apendisitis merupakan kondisi darurat medis yang memerlukan tindakan operasi untuk mengangkat apendiks yang meradang (apendektomi). Jika tidak segera ditangani, apendisitis dapat menyebabkan komplikasi seperti pecahnya apendiks (perforasi) yang dapat menimbulkan peritonitis (peradangan selaput rongga perut) atau abses (kantong nanah) di sekitar apendiks5.

Dispepsia

Dispepsia adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas perut. Dispepsia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti maag, infeksi bakteri Helicobacter pylori, sindrom iritasi usus besar (IBS), intoleransi laktosa, penyakit celiac, batu empedu, pankreatitis, atau penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau AINS6.

Dispepsia dapat menimbulkan gejala-gejala seperti rasa penuh, kembung, bersendawa, mual, muntah, atau rasa terbakar di ulu hati. Dispepsia dapat dicegah dengan mengatur pola makan yang sehat dan teratur, menghindari makanan pedas atau asam, mengurangi stres, menghentikan kebiasaan merokok atau minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter6.

Diare

Diare adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar menjadi lebih sering dari biasanya dan konsistensi feses menjadi lebih encer atau cair. Diare dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit yang menyerang saluran pencernaan. Diare juga dapat disebabkan oleh alergi makanan, intoleransi laktosa, penyakit celiac, IBS, penyakit Crohn, kolitis ulserativa, atau penggunaan obat-obatan tertentu seperti antibiotik atau laksatif.

Diare dapat menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri perut, kram perut, mual, muntah, demam, atau dehidrasi. Diare dapat dicegah dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau buang air besar, menghindari makanan yang dapat menyebabkan alergi atau intoleransi, dan mengonsumsi probiotik untuk menjaga keseimbangan flora usus.

Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar menjadi lebih jarang dari biasanya dan konsistensi feses menjadi lebih keras atau sulit dikeluarkan. Sembelit dapat disebabkan oleh kurangnya asupan serat dan cairan dalam makanan, kurangnya aktivitas fisik, perubahan pola hidup atau kebiasaan buang air besar, stres, kehamilan, usia lanjut, penyakit tiroid, diabetes mellitus, penyakit Parkinson, atau penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antasida yang mengandung kalsium atau aluminium, opioid, atau suplemen zat besi.

Baca Juga:  Otot dan Energi: Jenis, Mekanisme, Sumber, dan Pengaruh Olahraga

Sembelit dapat menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri perut, kram perut, rasa penuh di perut, sulit buang angin, atau perdarahan rektal. Sembelit dapat dicegah dengan meningkatkan asupan serat dan cairan dalam makanan, melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengatur pola hidup dan kebiasaan buang air besar, mengurangi stres, dan mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter.

Kesimpulan

Penyakit sistem pencernaan adalah gangguan atau penyakit yang menyerang organ-organ yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Penyakit sistem pencernaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi kuman, makanan, stres, obat-obatan, atau kelainan bawaan. Penyakit sistem pencernaan dapat menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup penderitanya. Penyakit sistem pencernaan dapat dicegah dengan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur, menghindari faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit sistem pencernaan, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Source:
(1) Penyakit pencernaan – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_pencernaan.
(2) Sistem pencernaan – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pencernaan.
(3) Templat:Penyakit sistem pencernaan – Wikipedia bahasa Indonesia …. https://id.wikipedia.org/wiki/Templat:Penyakit_sistem_pencernaan.
(4) (DOC) Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia – Academia.edu. https://www.academia.edu/7853723/Penyakit_pada_Sistem_Pencernaan_Manusia.
(5) MAKALAH GANGGUAN PADA SISTEM PENCERNAAN – Academia.edu. https://www.academia.edu/37908593/MAKALAH_GANGGUAN_PADA_SISTEM_PENCERNAAN.
(6) 17 Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia – Academia.edu. https://www.academia.edu/14183022/17_Penyakit_pada_Sistem_Pencernaan_Manusia.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: