Menu Tutup

Sapi: Hewan Ruminansia yang Mencerna Makanan Dua Kali Sehari

Sapi adalah hewan yang memiliki sistem pencernaan yang unik, yaitu ruminansia. Artinya, sapi dapat mencerna makanan dua kali, yaitu dengan mengunyahnya dan menelannya, lalu mengulanginya lagi di dalam lambung dan usus. Sapi termasuk hewan yang membutuhkan pakan yang berkualitas dan seimbang untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Berapa kali sehari sapi makan dalam sehari? Jawabannya tergantung pada jenis pakan yang diberikan kepada sapi. Ada beberapa jenis pakan yang umum digunakan untuk sapi, yaitu:

  • Pakan mentah: Pakan ini berupa daging sapi atau produk olahan daging sapi, seperti sosis, nugget, atau bakso. Pakan ini biasanya diberikan kepada sapi potong atau sapi yang sedang dibudidayakan untuk dijadikan daging. Porsi pakan mentah per hari untuk sapi potong adalah sekitar 1-2 kg1.
  • Pakan kering: Pakan ini berupa bahan-bahan kering yang dicampur dengan pakan mentah atau pakan lainnya, seperti jagung, gandum, atau ubi. Pakan ini biasanya diberikan kepada sapi yang sedang dibudidayakan untuk dijadikan daging atau susu. Porsi pakan kering per hari untuk sapi adalah sekitar 2-3 kg1.
  • Pakan cair: Pakan ini berupa air bersih atau cairan tambahan yang mengandung mineral dan vitamin. Pakan ini biasanya diberikan kepada sapi potong atau sapi yang sedang dibudidayakan untuk dijadikan susu. Porsi pakan cair per hari untuk sapi adalah sekitar 0,5-1 liter1.
Baca Juga:  Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Jaringan Saraf dan Otot pada Manusia

Selain jenis pakan, cara pemberian pakan juga mempengaruhi frekuensi makan sapi dalam sehari. Cara pemberian pakan untuk sapi potong adalah dengan memberikan pakan mentah tiga kali sehari pada pukul 8 pagi, 12 siang, dan 5 sore1. Cara pemberian pakan untuk sapi kering atau susu adalah dengan memberikan pakan kering dua kali sehari pada pagi dan sore1. Cara pemberian pakan cair adalah dengan memberikan cairan tambahan sesuai kebutuhan.

Source:
(1) Berapa kali sehari memberi makan sapi? – JawabanApapun.com. https://jawabanapapun.com/berapa-kali-sehari-memberi-makan-sapi/.
(2) Sapi Termasuk Hewan Ruminansia dan Mencerna Makanan Sebanyak 2 Kali …. https://bobo.grid.id/read/082425071/sapi-termasuk-hewan-ruminansia-dan-mencerna-makanan-sebanyak-2-kali-bagaimana-mekanisme-pencernaan-makanan-hewan-ruminansia.
(3) Berapa Porsi Makan Daging per Hari yang Sehat? – Hello Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makan-daging-dalam-sehari/.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: