Teks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Teks negosiasi adalah teks yang memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan⁴. Tujuan dari negosiasi adalah mengatasi atau menyesuaikan perbedaan untuk memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan)⁴.

Pengertian Teks Negosiasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian teks negosiasi menurut para ahli:

– Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi adalah perundingan untuk mencapai persetujuan bersama².
– Menurut Agnesia (2016), negosiasi adalah proses komunikasi antara dua pihak atau lebih yang memiliki tujuan yang sama namun memiliki kepentingan yang berbeda².
– Menurut Depdiknas (2008), negosiasi adalah proses interaksi sosial antara dua pihak atau lebih yang saling mempengaruhi untuk mencapai kesepakatan mengenai masalah yang sedang dihadapi².
– Menurut Ross (2005), negosiasi adalah proses komunikasi antara dua pihak atau lebih yang saling bertukar informasi dan tawaran untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan².
– Menurut Lumumba (2007), negosiasi adalah proses komunikasi antara dua pihak atau lebih yang saling berbagi kepentingan dan tujuan untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh semua pihak².
– Menurut Robbins dan Judge (2013), negosiasi adalah proses di mana dua atau lebih pihak bertukar barang dan jasa dan berusaha menyepakati nilai pertukaran tersebut².

Jenis Teks Negosiasi

Teks negosiasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

– Negosiasi formal, yaitu negosiasi yang dilakukan secara resmi dengan aturan dan prosedur yang jelas. Contohnya adalah negosiasi antara perusahaan dan karyawan, antara pemerintah dan rakyat, antara negara dan negara².
– Negosiasi informal, yaitu negosiasi yang dilakukan secara tidak resmi tanpa aturan dan prosedur yang jelas. Contohnya adalah negosiasi antara teman, antara keluarga, antara penjual dan pembeli².

Teks negosiasi informal dapat dibagi lagi menjadi dua bentuk, yaitu:

– Teks negosiasi lisan, yaitu teks negosiasi yang disampaikan secara langsung melalui ucapan. Contohnya adalah tawar-menawar harga di pasar, meminjam uang kepada teman, meminta izin kepada orang tua².
– Teks negosiasi tertulis, yaitu teks negosiasi yang disampaikan secara tidak langsung melalui tulisan. Contohnya adalah surat permohonan keringanan biaya sekolah, email penawaran kerjasama, pesan singkat permintaan bantuan².

Ciri-Ciri Teks Negosiasi

Teks negosiasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

– Menggunakan bahasa yang sopan, santun, dan menghormati lawan bicara¹³.
– Menggunakan kata-kata yang bersifat persuasif, yaitu kata-kata yang dapat meyakinkan lawan bicara untuk menerima tawaran atau usulan¹³.
– Menggunakan kata-kata yang bersifat kompromistis, yaitu kata-kata yang menunjukkan kesediaan untuk mengalah atau memberi kelonggaran kepada lawan bicara¹³.
– Menggunakan kata-kata yang bersifat kooperatif, yaitu kata-kata yang menunjukkan kerjasama dan kebersamaan dengan lawan bicara¹³.
– Menggunakan kalimat tanya, perintah, larangan, atau saran untuk memulai atau mengakhiri negosiasi¹³.
– Menggunakan kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, atau eksklamatif sesuai dengan tujuan dan situasi negosiasi¹³.

Struktur Teks Negosiasi

Teks negosiasi memiliki struktur sebagai berikut:

– Orientasi, yaitu bagian yang memperkenalkan latar belakang dan konteks negosiasi, seperti siapa pelaku negosiasi, apa tujuan negosiasi, apa masalah yang dihadapi, dan sebagainya¹³.
– Permintaan, yaitu bagian yang memuat tuntutan atau permintaan dari salah satu pihak yang terlibat dalam negosiasi¹³.
– Pemenuhan, yaitu bagian yang memuat respons atau reaksi dari pihak lain terhadap tuntutan atau permintaan dari pihak pertama¹³.
– Penawaran, yaitu bagian yang memuat usulan atau tawaran dari salah satu pihak untuk mencapai kesepakatan dengan pihak lain¹³.
– Persetujuan, yaitu bagian yang memuat kesepakatan atau perjanjian yang dicapai oleh kedua belah pihak setelah melakukan negosiasi¹³.
– Pembelian, yaitu bagian yang memuat tindakan atau langkah yang dilakukan oleh kedua belah pihak setelah mencapai kesepakatan. Bagian ini bersifat opsional dan tidak selalu ada dalam teks negosiasi¹³.
– Penutup, yaitu bagian yang memuat simpulan atau kesimpulan dari hasil negosiasi. Bagian ini juga bersifat opsional dan tidak selalu ada dalam teks negosiasi¹³.

Contoh Teks Negosiasi

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi antara penjual dan pembeli di toko online:

**Orientasi:**

Pembeli: Halo kak, saya mau beli sepatu sneakers model ABC warna hitam ukuran 40.

Penjual: Halo kak, terima kasih sudah menghubungi kami. Untuk sepatu sneakers model ABC warna hitam ukuran 40 kami masih ada stoknya.

**Permintaan:**

Pembeli: Oke kak. Berapa harganya?

Penjual: Harganya Rp 300.000 kak.

Pembeli: Wah mahal banget kak. Bisa kurang nggak?

**Pemenuhan:**

Penjual: Maaf kak, harga itu sudah nett. Kami tidak bisa memberi diskon karena barangnya berkualitas dan original.

Pembeli: Ya tapi kan di toko online lain ada yang jual lebih murah kak. Kalau nggak bisa kurang saya cari di tempat lain aja deh.

**Penawaran:**

Penjual: Wah sayang sekali kak kalau sampai batal beli. Kami bisa kasih bonus kaos kaki dan tas sepatu gratis loh kak kalau beli sekarang.

Pembeli: Hmm.. bonusnya menarik sih kak. Tapi tetap aja harganya masih mahal.

Penjual: Gimana kalau kami kasih potongan ongkir sebesar Rp 20.000 kak? Jadi totalnya cuma Rp 280.000 aja.

**Persetujuan:**

Pembeli: Oke deh kak kalau begitu saya setuju. Tapi barangnya harus bagus ya kak.

Penjual: Tentu saja kak. Barang kami dijamin bagus dan original. Terima kasih sudah berbelanja di toko kami.

**Pembelian:**

Pembeli: Sama-sama kak. Saya transfer sekarang ya ke rekening BCA a.n. Andi.

Penjual: Baik kak. Setelah transfer m.

Sumber:
(1) 20 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Ciri, Jenis & Strukturnya …. https://www.ruangguru.com/blog/contoh-teks-negosiasi.
(2) Pengertian Teks Negosiasi: Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh Dan …. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-teks-negosiasi/.
(3) Pengertian Teks Negosiasi, Ciri, Struktur & Cara Membuatnya | Bahasa …. https://www.ruangguru.com/blog/teks-negosiasi.
(4) Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Negosiasi – Materi Bahasa …. https://www.zenius.net/blog/mengenal-apa-itu-teks-negosiasi.
(5) Teks Negosiasi – Bahasa Indonesia Kelas 10 – Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/materi-teks-negosiasi/.
(6) Getty Images. https://www.gettyimages.com/detail/photo/silhouette-of-young-designer-team-standing-with-a-royalty-free-image/1206150255.