Menu Tutup

Cara Mengatasi Pengangguran, Apa yang Bisa Dilakukan?

Pengangguran adalah salah satu masalah sosial ekonomi yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Pengangguran berarti adanya ketidaksesuaian antara jumlah dan kualitas tenaga kerja yang tersedia dengan jumlah dan kualitas lapangan kerja yang dibutuhkan. Pengangguran dapat menimbulkan dampak negatif, seperti menurunnya pendapatan nasional, rendahnya kesejahteraan masyarakat, meningkatnya kemiskinan, dan timbulnya berbagai masalah sosial lainnya.

Oleh karena itu, pengangguran perlu diatasi dengan cara-cara yang efektif dan berkelanjutan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi pengangguran yang dapat dilakukan oleh pemerintah, swasta, maupun masyarakat:

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Salah satu faktor penyebab pengangguran adalah rendahnya kualitas SDM yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Oleh karena itu, cara mengatasi pengangguran yang pertama adalah dengan meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi. Dengan demikian, tenaga kerja akan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri.

Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Cara mengatasi pengangguran yang kedua adalah dengan menciptakan lapangan kerja baru yang dapat menyerap tenaga kerja. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan sektor-sektor produktif, seperti pertanian, perikanan, industri, pariwisata, dan lain-lain. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan insentif dan kemudahan bagi para investor, baik lokal maupun asing, untuk berinvestasi di Indonesia.

Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Cara mengatasi pengangguran yang ketiga adalah dengan mengembangkan UMKM sebagai salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan kerja. UMKM merupakan usaha-usaha yang berskala kecil atau menengah yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat. UMKM dapat memberikan kesempatan bagi para pencari kerja untuk menjadi wirausahawan atau pekerja mandiri. Untuk itu, pemerintah perlu memberikan dukungan berupa bantuan modal, bimbingan usaha, fasilitas perizinan, akses pasar, dan lain-lain.

Menyelenggarakan Bursa Tenaga Kerja

Cara mengatasi pengangguran yang keempat adalah dengan menyelenggarakan bursa tenaga kerja sebagai sarana penyampaian informasi lowongan kerja kepada masyarakat luas. Bursa tenaga kerja dapat memfasilitasi komunikasi antara pencari kerja dan pemberi kerja secara efisien dan transparan. Dengan begitu, pencari kerja dapat mengetahui peluang kerja yang sesuai dengan minat dan kualifikasi mereka.

Mendorong Kegiatan Ekonomi Informal

Cara mengatasi pengangguran yang kelima adalah dengan mendorong kegiatan ekonomi informal sebagai alternatif sumber penghasilan bagi masyarakat. Ekonomi informal adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan di luar sistem resmi atau formal, seperti berjualan di pinggir jalan, menjadi ojek online, atau bekerja sebagai buruh harian lepas. Ekonomi informal dapat memberikan kesempatan kerja bagi mereka yang tidak memiliki akses ke pasar kerja formal atau tidak memenuhi syarat-syarat tertentu.

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Cara mengatasi pengangguran yang keenam adalah dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagai indikator kesehatan perekonomian suatu negara. Pertumbuhan ekonomi berarti adanya peningkatan produksi barang dan jasa dalam suatu periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat meningkatkan permintaan akan barang dan jasa, sehingga memicu peningkatan kegiatan produksi dan konsumsi. Hal ini dapat berdampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja dan pengurangan pengangguran.

Melakukan Diversifikasi Produk dan Pasar

Cara mengatasi pengangguran yang ketujuh adalah dengan melakukan diversifikasi produk dan pasar sebagai strategi untuk mengembangkan potensi ekonomi suatu negara. Diversifikasi produk berarti menghasilkan berbagai macam produk yang memiliki nilai tambah dan daya saing tinggi. Diversifikasi pasar berarti menjangkau berbagai macam pasar, baik lokal, nasional, maupun internasional. Dengan demikian, negara dapat mengurangi ketergantungan pada produk atau pasar tertentu yang rentan terhadap fluktuasi atau krisis.

Menerapkan Kebijakan Fiskal dan Moneter yang Tepat

Cara mengatasi pengangguran yang kedelapan adalah dengan menerapkan kebijakan fiskal dan moneter yang tepat sebagai instrumen untuk mengatur perekonomian suatu negara. Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan pendapatan dan belanja negara, seperti pajak, subsidi, anggaran, dan lain-lain. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan uang dan kredit, seperti suku bunga, cadangan devisa, inflasi, dan lain-lain. Kebijakan fiskal dan moneter dapat mempengaruhi tingkat permintaan agregat, investasi, konsumsi, tabungan, dan lapangan kerja.

Melakukan Revitalisasi Industri Nasional

Cara mengatasi pengangguran yang kesembilan adalah dengan melakukan revitalisasi industri nasional sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri dalam negeri. Revitalisasi industri nasional dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melakukan restrukturisasi, modernisasi, diversifikasi, inovasi, peningkatan kualitas, penurunan biaya produksi, dan lain-lain. Hal ini dapat membuat industri nasional mampu bersaing dengan produk-produk impor atau asing.

Mendorong Koperasi dan Ekonomi Kerakyatan

Cara mengatasi pengangguran yang kesepuluh adalah dengan mendorong koperasi dan ekonomi kerakyatan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi. Koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi mereka. Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berdasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi, kesejahteraan, keadilan, kemandirian, gotong royong, dan kekeluargaan. Koperasi dan ekonomi kerakyatan dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi secara mandiri dan kolektif.

Sumber:
(1) 10 Cara Mengatasi Pengangguran – Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2021/08/21/210000526/10-cara-mengatasi-pengangguran.
(2) Pengangguran: Jenis, Dampak, Penyebab, dan Cara Mengatasinya – detikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6019444/pengangguran-jenis-dampak-penyebab-dan-cara-mengatasinya.
(3) 14 Cara Mengatasi Pengangguran, dari Kebijakan sampai Mekanisme Pasar. https://www.liputan6.com/hot/read/5288260/14-cara-mengatasi-pengangguran-dari-kebijakan-sampai-mekanisme-pasar.
(4) 10 Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia secara Efektif. https://berita.99.co/cara-mengatasi-pengangguran-efektif/.

Baca Juga: