Menu Tutup

Pengertian Guru Penggerak, Karakteristik, dan Dampaknya bagi Pendidikan Indonesia

Pengertian Guru Penggerak

Guru Penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Diinisiasi pada tahun 2020, program ini bertujuan untuk melahirkan generasi baru pemimpin pendidikan yang mampu membawa transformasi positif bagi dunia pendidikan Indonesia.

Lebih dari sekadar pengajar biasa, Guru Penggerak memiliki peran sentral sebagai penggerak perubahan. Mereka dididik untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang inovatif, inspiratif, dan berfokus pada pengembangan murid secara holistik.

Karakteristik Guru Penggerak

Guru Penggerak tidak hanya memiliki penguasaan materi pelajaran yang mendalam, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai kompetensi lain, seperti:

  • Kepemimpinan pembelajaran: Mampu memimpin dan memotivasi rekan guru, staf sekolah, dan murid untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama.
  • Pengembangan kurikulum: Berpartisipasi aktif dalam pengembangan kurikulum sekolah yang berpusat pada murid dan sesuai dengan kebutuhan lokal.
  • Pembelajaran kolaboratif: Mendorong kolaborasi antar guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan efektif.
  • Pemanfaatan teknologi: Memahami dan memanfaatkan teknologi dengan tepat untuk mendukung proses pembelajaran.
  • Refleksi diri: Terus belajar dan berkembang secara profesional melalui refleksi diri dan kolaborasi dengan rekan guru lainnya.

Dampak Guru Penggerak bagi Pendidikan Indonesia

Kehadiran Guru Penggerak diharapkan mampu membawa dampak signifikan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran: Guru Penggerak diharapkan dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih berpusat pada murid, sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar murid.
  • Memperkuat kolaborasi antar guru: Guru Penggerak menjadi fasilitator dan motivator bagi rekan guru lainnya untuk saling berkolaborasi dan berbagi praktik terbaik dalam pembelajaran.
  • Mewujudkan profil Pelajar Pancasila: Guru Penggerak diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila kepada murid-muridnya, seperti bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
  • Menciptakan ekosistem pendidikan yang transformatif: Guru Penggerak diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mendorong transformasi budaya dan praktik di sekolah, sehingga menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih positif dan mendukung pembelajaran murid.

Kesimpulan

Guru Penggerak adalah elemen kunci dalam upaya Kemendikbudristek untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Dengan peran strategisnya sebagai pemimpin pembelajaran, Guru Penggerak diharapkan mampu membawa transformasi positif bagi sekolah dan murid-muridnya, serta berkontribusi pada mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang bermutu dan mencerdaskan bangsa.

Sumber:

  • https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
  • https://pasla.jambiprov.go.id/guru-penggerak-pengertian-tujuan-dan-keuntungan/
  • https://gurubinar.id/

Baca Juga: