Menu Tutup

Kebijakan Umum Era Orde Baru dalam Bidang Politik, Ekonomi, dan Sosial Budaya

Orde baru adalah istilah yang digunakan untuk menyebut masa pemerintahan Presiden Soeharto yang berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998. Orde baru lahir sebagai akibat dari krisis politik dan ekonomi yang melanda Indonesia pada masa orde lama di bawah Presiden Soekarno. Orde baru memiliki visi untuk menerapkan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalam seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara Indonesia1. Untuk mewujudkan visi tersebut, orde baru mengeluarkan berbagai kebijakan umum yang dapat dibagi menjadi tiga bidang, yaitu politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Kebijakan Politik

Kebijakan politik orde baru bertujuan untuk menciptakan stabilitas dan keamanan nasional, serta menghapus pengaruh komunisme yang dianggap sebagai ancaman utama bagi negara. Beberapa kebijakan politik yang dikeluarkan oleh orde baru antara lain adalah:

  • Membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan organisasi-organisasi pendukungnya, serta melakukan pembersihan terhadap anggota dan simpatisan PKI yang dituduh terlibat dalam peristiwa G30S/PKI2. Pembersihan ini berakibat pada pembunuhan massal yang menewaskan ratusan ribu orang3.
  • Menyelenggarakan pemilu dalam batas waktu yang sudah ditetapkan yaitu pada tanggal 5 Juli 1968. Pemilu ini diikuti oleh sepuluh partai politik, namun hanya tiga partai yang mendapat kursi di parlemen, yaitu Golkar, PNI, dan NU4. Pemilu ini juga dianggap tidak demokratis karena adanya manipulasi dan intimidasi terhadap pemilih5.
  • Melakukan politik luar negeri bebas aktif untuk kepentingan nasional. Orde baru berusaha menjalin hubungan baik dengan negara-negara Barat maupun Timur, serta mengambil peran aktif dalam organisasi-organisasi internasional seperti ASEAN, OKI, Gerakan Non-Blok, dan PBB6.
  • Melanjutkan perjuangan anti penjajahan dan kolonialisme dalam segala bentuk. Orde baru mendukung perjuangan rakyat Vietnam, Kamboja, Laos, Palestina, Afrika Selatan, dan lain-lain yang menghadapi penjajahan atau apartheid. Orde baru juga melakukan integrasi terhadap Papua Barat melalui Pepera tahun 1969 yang kontroversial.
Baca Juga:  Fakta Sosial sebagai Objek Kajian Sosiologi

Kebijakan Ekonomi

Kebijakan ekonomi orde baru bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengatasi inflasi, mengurangi kemiskinan, serta membuka peluang investasi asing. Beberapa kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh orde baru antara lain adalah:

  • Membentuk Tim Ekonomi Muda (TEM) yang terdiri dari para ahli ekonomi lulusan Amerika Serikat. TEM berperan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi makro dan mikro yang berorientasi pada pasar bebas dan liberalisasi perdagangan.
  • Menerapkan program stabilisasi moneter dengan bantuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia. Program ini meliputi devaluasi mata uang rupiah, pengurangan subsidi pemerintah, peningkatan pajak, pengendalian anggaran belanja negara, serta penyesuaian harga-harga barang-barang pokok.
  • Melaksanakan program pembangunan lima tahun (Repelita) yang dimulai sejak tahun 1969. Program ini mencakup berbagai sektor seperti pertanian, industri, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertahanan, dan lain-lain. Program ini berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 7 persen per tahun.
  • Mendorong investasi asing dengan memberikan berbagai insentif dan kemudahan. Orde baru juga membentuk Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam mengurus perizinan dan pengawasan investasi asing. Investasi asing berkontribusi dalam meningkatkan ekspor, devisa, dan lapangan kerja.

Kebijakan Sosial Budaya

Kebijakan sosial budaya orde baru bertujuan untuk menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa, serta meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat. Beberapa kebijakan sosial budaya yang dikeluarkan oleh orde baru antara lain adalah:

  • Menetapkan Pancasila sebagai ideologi dan asas tunggal bagi seluruh organisasi kemasyarakatan dan partai politik. Orde baru juga mengadakan berbagai program untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada rakyat, seperti P4, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Wajib Belajar 9 Tahun, dan lain-lain.
  • Membangun Transmigrasi sebagai program untuk meratakan penduduk dan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Orde baru mengirim jutaan penduduk dari pulau-pulau padat penduduk seperti Jawa, Bali, dan Madura ke pulau-pulau yang kurang berkembang seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
  • Meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mengembangkan sistem pelayanan kesehatan yang terpadu dan terjangkau. Orde baru juga melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  • Mengembangkan pendidikan nasional dengan menetapkan kurikulum nasional yang berbasis pada Pancasila dan UUD 1945. Orde baru juga meningkatkan akses dan mutu pendidikan di semua jenjang, serta memberikan beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi.
Baca Juga:  Bung Hatta: Bapak Koperasi Indonesia yang Mengembangkan Usaha Bersama Rakyat

Kesimpulan

Orde baru adalah masa pemerintahan Presiden Soeharto yang memiliki visi untuk menerapkan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalam seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Untuk mewujudkan visi tersebut, orde baru mengeluarkan berbagai kebijakan umum yang dapat dibagi menjadi tiga bidang, yaitu politik, ekonomi, dan sosial budaya. Kebijakan-kebijakan ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi perkembangan Indonesia.

Sumber:
(1) Masa Orde Baru: Latar Belakang, Sistem Pemerintah dan … – detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6042076/masa-orde-baru-latar-belakang-sistem-pemerintah-dan-penyebab-jatuhnya.
(2) 5 Kebijakan Soeharto untuk Rakyat Indonesia di Era Orde Baru. https://edukasi.okezone.com/read/2022/06/08/624/2607810/5-kebijakan-soeharto-untuk-rakyat-indonesia-di-era-orde-baru.
(3) 10 Kebijakan Politik Pada Masa Orde Baru Lengkap. https://sejarahlengkap.com/indonesia/kemerdekaan/pasca-kemerdekaan/kebijakan-politik-pada-masa-orde-baru.
(4) Pengertian Orde Baru – Latar Belakang, Tujuan, Masa & Kebijakan. https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-orde-baru/.
(5) Demokrasi Indonesia Periode Orde Baru (1965-1998) – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/13/070000469/demokrasi-indonesia-periode-orde-baru-1965-1998.
(6) Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jhm/article/view/3253.
(7) Masa Orde Baru: Latar Belakang, Sistem Pemerintah dan … – detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6042076/masa-orde-baru-latar-belakang-sistem-pemerintah-dan-penyebab-jatuhnya.
(8) 5 Kebijakan Soeharto untuk Rakyat Indonesia di Era Orde Baru. https://edukasi.okezone.com/read/2022/06/08/624/2607810/5-kebijakan-soeharto-untuk-rakyat-indonesia-di-era-orde-baru.
(9) 10 Kebijakan Politik Pada Masa Orde Baru Lengkap. https://sejarahlengkap.com/indonesia/kemerdekaan/pasca-kemerdekaan/kebijakan-politik-pada-masa-orde-baru.
(10) Pengertian Orde Baru – Latar Belakang, Tujuan, Masa & Kebijakan. https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-orde-baru/.
(11) Demokrasi Indonesia Periode Orde Baru (1965-1998) – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/13/070000469/demokrasi-indonesia-periode-orde-baru-1965-1998.
(12) Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jhm/article/view/3253.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: