Tokoh-Tokoh Penyebar Agama Islam di Riau

Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangan Islam. Islam di Riau mulai berkembang sejak masa Kerajaan Sriwijaya, melalui jalur perdagangan dan dakwah yang dilakukan oleh para pedagang dan ulama dari berbagai daerah, seperti India, Cina, Arab, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara. Beberapa tokoh penyebar agama Islam di Riau yang terkenal adalah sebagai berikut:

Burhanuddin Ulakan

Burhanuddin Ulakan adalah seorang pendakwah yang awalnya menyebarkan ajaran Islam di wilayah Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumatra Barat. Ia kemudian melanjutkan perjalanan dakwahnya ke Riau, melalui sungai Kampar. Wilayah pertama yang mengenal Islam di Riau adalah Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Di sana, ia mendirikan sebuah pesantren dan mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat setempat. Ia juga dikenal sebagai salah satu murid dari Syekh Abdul Rauf Singkel, seorang ulama besar dari Aceh yang juga berpengaruh dalam penyebaran Islam di Nusantara.¹²

Syekh Abdul Qadir

Syekh Abdul Qadir adalah seorang ulama yang berasal dari Cina. Ia merupakan salah satu anggota dari armada laksamana Cheng Ho, yang melakukan ekspedisi maritim ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Ia turut berdakwah sambil berdagang di daerah pesisir barat Sumatra, khususnya di Pelabuhan Barus. Dari sana, ia menyebarluaskan Islam ke daerah-daerah yang berdekatan dengan Barus, termasuk ke wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Ia wafat di daerah Kedah, Malaysia, dan makamnya masih dapat dikunjungi hingga saat ini.³

Syekh Syarif Ainun Naim Bin Maulana Ishaq

Syekh Syarif Ainun Naim Bin Maulana Ishaq adalah seorang ulama yang berasal dari Hadramaut, Yaman. Ia merupakan keturunan dari Imam Ahmad bin Isa Al Muhajir, seorang ulama besar yang hijrah dari Yaman ke Indonesia pada abad ke-9 Masehi. Ia juga masih memiliki hubungan dengan Sunan Giri dan Sunan Ampel, dua dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di Jawa. Ia datang ke Riau pada abad ke-15 Masehi dan berdakwah di daerah Tanjung Pinang. Ia wafat pada tahun 1503 Masehi dan dimakamkan di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau.

Baca Juga:  Hukum Memilih Pemimpin Non-Muslim dari Perspektif Islam

Kesimpulan

Islam di Riau memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan tokoh-tokoh penyebar agama yang berjasa dalam membawa cahaya Islam ke daerah ini. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan daerah asal, namun memiliki tujuan yang sama yaitu menyampaikan risalah Allah kepada umat manusia. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan inspirasi dari kisah-kisah mereka.

Sumber:
(1) Islam di Riau – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Riau.
(2) Sejarah Perkembangan Islam di Riau Serta Tokoh Penyebarnya. https://perpustakaan.id/sejarah-perkembangan-islam-di-riau/.
(3) 🕌 Jadwal Sholat Hari Ini untuk Kota Batam | Orami. https://www.orami.co.id/magazine/jadwal-sholat-kota-batam.