Hubungan Teks Eksposisi dengan Teks Lain

Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang disampaikan secara singkat, padat, dan disertai pendapat1. Teks eksposisi bertujuan untuk meyakinkan pembaca terkait argumen-argumen yang dikemukakan oleh penulis mengenai suatu hal2. Teks eksposisi memiliki struktur yang terdiri dari tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang2. Teks eksposisi juga memiliki pola pengembangan yang bisa berupa umum-khusus, khusus-umum, ilustrasi, atau perbandingan2.

Teks eksposisi memiliki hubungan dengan beberapa jenis teks lain, baik yang termasuk dalam teks nonfiksi maupun fiksi. Berikut adalah beberapa contoh hubungan teks eksposisi dengan teks lain:

  • Teks eksposisi dengan teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam, sosial, atau budaya3. Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari identifikasi fenomena, penjelasan proses, dan interpretasi3. Teks eksposisi dan teks eksplanasi sama-sama berisi informasi dan pengetahuan, tetapi teks eksposisi lebih menekankan pada pendapat penulis, sedangkan teks eksplanasi lebih menekankan pada penyebab dan akibat fenomena3. Contoh teks eksposisi yang berhubungan dengan teks eksplanasi adalah teks eksposisi yang membahas tentang dampak pemanasan global dan cara mengatasinya.
  • Teks eksposisi dengan teks diskusi. Teks diskusi adalah teks yang memaparkan dua sudut pandang yang berbeda atau bertentangan mengenai suatu isu. Teks diskusi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan isu, pro dan kontra, dan simpulan. Teks eksposisi dan teks diskusi sama-sama berisi argumen-argumen yang didukung oleh fakta, tetapi teks eksposisi lebih bersifat satu arah dan tidak memihak, sedangkan teks diskusi lebih bersifat dialogis dan menunjukkan sikap penulis. Contoh teks eksposisi yang berhubungan dengan teks diskusi adalah teks eksposisi yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan media sosial.
  • Teks eksposisi dengan teks persuasi. Teks persuasi adalah teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Teks persuasi memiliki struktur yang terdiri dari tesis, argumen, dan rekomendasi. Teks eksposisi dan teks persuasi sama-sama berisi pendapat penulis yang disertai dengan bukti, tetapi teks eksposisi lebih bersifat informatif dan tidak mengandung ajakan, sedangkan teks persuasi lebih bersifat emosional dan mengandung ajakan. Contoh teks eksposisi yang berhubungan dengan teks persuasi adalah teks eksposisi yang membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat.
Baca Juga:  Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh
Sumber:
(1) Pengertian Teks Eksposisi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya …. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-teks-eksposisi/.
(2) 20 Contoh Teks Eksposisi Singkat Berbagai Tema & Strukturnya – Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/contoh-teks-eksposisi-beserta-struktur-dan-kaidah-kebahasaannya.
(3) Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Struktur, Pola … – Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/struktur-teks-eksposisi-beserta-contohnya.