Ibadah haji dilaksanakan pada bulan?

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Ibadah haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, yang merupakan bulan ke-12 dalam kalender Islam.

Pelaksanaan ibadah haji dimulai dengan tahun baru hijriyah, yaitu 1 Dzulhijjah. Pada hari tersebut, jamaah haji mulai berdatangan ke Mekah untuk melakukan thawaf dan sa’i sebagai tahiyat awal sebelum melaksanakan ibadah haji.

Setelah tahiyat awal selesai, jamaah haji melanjutkan dengan melakukan wukuf di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Wukuf di padang Arafah merupakan inti dari ibadah haji, dimana jamaah haji berdiri di padang tersebut sambil melakukan shalat dan berdoa kepada Allah SWT.

Setelah wukuf, jamaah haji melanjutkan dengan melakukan tawaf ifadhah di Ka’bah dan sa’i di antara Shofa dan Marwah. Kemudian jamaah haji melakukan tahallul, yaitu mencukur atau memotong rambut sebagai tanda selesainya ibadah haji.

Pada hari-hari berikutnya, jamaah haji melakukan tawaf wada’ sebagai tanda akan pulang ke negara asalnya. Ibadah haji diakhiri dengan pelaksanaan Eid al-Adha, yaitu hari raya kurban yang diperingati oleh umat muslim di seluruh dunia.