Sejarah Masuknya Islam di Lampung

Sejarah masuknya Islam di Lampung dimulai pada abad ke-17, ketika para pedagang Muslim dari India dan Arabia mulai berdagang di wilayah ini. Mereka tidak hanya membawa barang-barang dagangan, tetapi juga membawa ajaran Islam. Kemudian, para ulama dan wali songo dari Jawa dan Sumatra juga mulai datang ke Lampung untuk menyebarkan agama Islam.

Pada awal abad ke-19, pemerintah kolonial Belanda mulai mengambil alih wilayah Lampung. Namun, walaupun mereka mencoba untuk menghambat perkembangan Islam di wilayah ini, perjuangan para ulama dan wali songo terus berlanjut.

Pada tahun 1899, seorang ulama bernama Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Haji Abdul Karim Amrullah atau H.A.K.A Amrullah memulai gerakan pembaruan dakwah di Lampung. Beliau mencoba untuk menyatukan kembali umat Islam yang terpecah-pecah dan menyebarkan ajaran Islam yang benar. Gerakan ini kemudian dikenal dengan sebutan Tarekat Naqsyabandiyah.

Selain itu, pada tahun 1926, seorang ulama bernama Haji Muhammad Salleh atau lebih dikenal dengan sebutan Teungku Muhammad Salleh dari Sumatra Utara memulai gerakan dakwah di Lampung yang dikenal dengan sebutan Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah. Gerakan ini menyebar dengan cepat dan mendapat dukungan dari masyarakat Lampung.

Kedua gerakan dakwah ini berhasil menyatukan umat Islam di Lampung dan menyebarkan ajaran Islam yang benar. Akibatnya, jumlah umat Muslim di Lampung terus meningkat dan saat ini Muslim merupakan mayoritas di wilayah ini.

Kesimpulan, Masuknya agama islam di Lampung dimulai dari tahun 17 saat para pedagang muslim dari India dan Arab menyebarkan ajaran islam. Walaupun pemerintah kolonial Belanda mencoba untuk menghambat perkembangan agama islam di wilayah ini, namun perjuangan para ulama dan wali songo terus berlanjut. Gerakan dakwah yang dilakukan oleh Haji Abdul Karim Amrullah dan Teungku Muhammad Salleh berhasil menyatukan umat muslim dan menyebarkan ajaran islam yang benar. Akibatnya saat ini muslim merupakan mayoritas di wilayah Lampung.

Penutup:
Dari sejarah yang telah dijelaskan di atas, dapat dilihat bahwa masuknya Islam di Lampung dimulai dari abad ke-17 ketika para pedagang Muslim dari India dan Arabia mulai berdagang di wilayah ini. Namun, perjuangan para ulama dan wali songo yang tidak menyerah meskipun ditekan oleh pemerintah kolonial Belanda, akhirnya berhasil menyatukan umat Muslim di Lampung dan menyebarkan ajaran Islam yang benar.

Referensi :

  • “Sejarah Perkembangan Islam di Lampung” oleh Drs. H. Syamsul Rijal, M.Si (https://www.academia.edu/16157779/Sejarah_Perkembangan_Islam_di_Lampung)
  • “Sejarah Perkembangan Islam di Lampung” oleh Dr. A. Fauzi Hasan, M.Si (https://www.researchgate.net/publication/339768759_Sejarah_Perkembangan_Islam_di_Lampung)
  • “Sejarah Masuknya Islam di Lampung” oleh Drs. H. Zainul Arifin, M.Ag (https://www.jurnal.unila.ac.id/index.php/JPMI/article/view/1486)