Argumentasi Kelompok Pendukung Negara Islam

Argumentasi kelompok yang mendukung tegaknya negara Islam antara lain :

Perintah Al-Quran dan Hadits

Kalangan yang anti dengan negara Islam berargumentasi bahwa di dalam Al-Quran dan hadits tidak ada perintah untuk mendirikan negara Islam. Maka kalangan yang mendukung berdirinya negara Islam menjawab bahwa memang benar bahwa tidak ada ayat yang bunyinya :

“dirikanlah negara Islam”, namun bukan berarti Al-Quran tidak mewajibkan umat Islam untuk mendirikannya. Kalau logikanya hanya begitu, maka banyak sekali hal-hal yang tidak ada perintahnya di dalam Al-Quran dan Hadits, tetapi wajib bagi kita untuk mengerjakannya.

Bukankah di dalam Al-Quran dan Hadits tidak ada perintah untuk mendirikan sekolah dan universitas? Lalu apakah umat Islam tidak perlu mendirikan sekolah dan universitas?

Bukankah di dalam Al-Quran dan Hadits tidak ada perintah untuk mendirikan rumah sakit dan klinik? Apakah umat Islam tidak wajib mendirikannya?

Bukankah di dalam Al-Quran dan Hadits tidak ada perintah untuk mendirikan pabrik dan industri? Lalu apakah umat Islam tidak perlu mendirikannya?

Bahkan dari 6000-an ayat lebih, tidak ada satu pun ayat Al-Quran yang memerintahkan umat Islam untuk mendirikan masjid. Yang ada hanya pernyataan bahwa orang yang memakmurkan masjid adalah orang-orang yang beriman dan sebagainya. Tetapi perintah untuk mendirikan masjidnya sendiri malah tidak ada. Lantas apakah umat Islam tidak perlu mendirikan masjid?

Al-Quran memerintahkan umat Islam punya negara dan pemerintahan sendiri, bukan membonceng menjadi warga kelas dua di sebuah negara yang tidak menjalankan hukum Allah. Dalil dari Al-Quran tentang wajib adanya pemerintahan Islam antara lain :

Kewajiban Taat Kepada Pemerintahan Islam

يا اأي هَا االذِينا اآمَنوا اأطِيعوا االلّاَ اوأطِيعوا االرسُولا اوَأولا االأمْراِامِنْكُماْ

Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul dan ulil amri di antara kamu.. (QS. An-Nisa’ : 59)

Dalam ayat ini Allah SWT menyebut ulul-amri di antara kalian. Pesan yang bisa didapat dari ayat ini adalah bahwa umat Islam harus taat pemerintah yang dari kalangan mereka sendiri. Semua hanya bisa diwujudkan dengan adanya pemerintahan negara Islam, dan bukan pemerintahan di luar Islam.

Kewajiban Berhukum Kepada Pemerintah Islam

Allah SWT telah mewajibkan umat Islam untuk berhukum dengan kepada pemerintah Islam. Dan hal itu tidak mungkin terwujud manakala umat Islam tidak punya negara sendiri.

فلاَاوَرب كاااَلاي ؤْمِنونااحَتّاايُُ   كِمُوكاافيمَااشَجَراابَ يْ نَ هُماْا     اَّثالاَايََِدُواافااأنْ فُسِهِماْاحَرجًااِمِااقضَيتااوَيسَل مُوااتسْليمًا