Menu Tutup

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024: Prediksi dan Persiapan

Pendahuluan

Setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Fitri, jutaan orang di Indonesia mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan mudik. Tradisi mudik ini menjadi momen yang dinantikan oleh banyak orang, di mana ribuan pemudik bergerak dari kota-kota besar menuju kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Tahun 2024, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 5-7 April 2024, dengan arus baliknya diprediksi pada 14-15 April 2024 .

Jumlah Pemudik Meningkat

Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik pada tahun 2024 akan mencapai 193,6 juta jiwa. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 60 persen dibandingkan dengan tahun 2023 yang mencatat jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta jiwa. Lonjakan jumlah pemudik ini menuntut persiapan yang matang dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, operator transportasi, dan masyarakat.

Rekayasa Lalu Lintas dan Fasilitas Tol

Saat puncak arus mudik, Korps Lalu Lintas (Korlantas) akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas dan contraflow untuk mengantisipasi kemacetan. Perhatian khusus diberikan pada ruas tol baru yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memudahkan mobilitas kendaraan pemudik. Berikut adalah beberapa ruas tol yang perlu diperhatikan:

  1. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung: Ruas tol ini memiliki panjang 19,65 kilometer dan akan membantu mengurai lalu lintas di wilayah Jabodetabek.
  2. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ruas Kutanegara-Sadang: Ruas tol sepanjang 8,5 kilometer ini akan memperlancar arus kendaraan dari Jakarta menuju Cikampek.
  3. Tol Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Ruas Colomadu-Klaten: Ruas tol ini sepanjang 22,3 kilometer akan memudahkan pemudik yang menuju Yogyakarta dan sekitarnya.
  4. Tol Bangkinang-Koto Kampar: Ruas tol sepanjang 24,7 kilometer ini akan mempercepat perjalanan pemudik di Sumatera.
  5. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi-Parapat Seksi II Kuala Tanjung Indrapura dan Seksi III-IV Tebing Tinggi-Sinaksak: Ruas tol ini akan memperlancar arus kendaraan di Sumatera Utara.
  6. Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Lima Puluh-Kisaran: Ruas tol sepanjang 32,15 kilometer ini akan memudahkan pemudik di Sumatera Barat.
Baca Juga:  Friedrich Karl von Drais: Sang Penemu yang Mengubah Dunia Transportasi

Penyeberangan Laut dan Posko Kesehatan

Skema untuk mengatasi membludaknya pemudik juga dilakukan untuk penyeberangan laut. Terdapat tiga pelabuhan utama yang disiapkan oleh pemerintah:

  1. Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Kabupaten Serang: Pelabuhan ini akan melayani kendaraan golongan VIII dan IX.
  2. Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon: Pelabuhan ini khusus untuk pemudik yang mengendarai sepeda motor.
  3. Pelabuhan Merak: Pelabuhan ini disediakan untuk angkutan roda empat, angkutan sembako, dan bus.

Seluruh fasilitas ini dilengkapi dengan 112 posko kesehatan di wilayah Jawa dan 24 posko di wilayah jalur tol Sumatera. Pemerintah berharap dengan persiapan yang matang dan kerjasama dari semua pihak, arus mudik Lebaran

Posted in Ragam

Artikel Terkait: