Evaluasi Pendidikan Islam

Evaluasi pendidikan adalah suatu proses penaksiran terhadap kemajuan pertumbuhan, dan perkembangan peserta didik untuk tujuan pendidikan. evaluasi pendidikan islam adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas di dalam pendidikan islam. Yang diterapkan dalam menyampaikan tingkat keberhasilan seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran, menemukan kelemahan-kelemahan yang dilakukan yang dilakukan berkaitan dengan materi, metode, dan fasilitas.

Evaluasi juga diartikan sebagai suatu penilaian, maksudnya suatu kegiatan yang direncanakan untuk mengukur tingkat kemajuan atau kemunduran suatu aktivitas tertentu. Benjamin Bloom mengartikan evaluasi sebagai kumpulan realitas yang disusun  secara berurutan guna memperoleh pengetahuan mengenai terjadi tidaknya perubahan dalam prestasi anak didik. Evaluasi merupakan pendeskripsian dan informasi tentang hasil tindakan yang telah dinilai yang akan dijadikan bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Dalam evaluasi terdapat rumusan dan metode evaluasi antara lain:

  1. Tes

Tes adalah suatu proses untuk memperoleh sampel tingkah laku dari suatu tempat tertentu atau suatu prosedur secara berurutan untuk mengamati satu atau lebih karakteristik.

  1. Pengukuran

Berkaitan dengan tingkah laku peserta didik. Yang dapat dilakukan dengan cara : a) mengidentifikasi orang yang akan diukur, b) mengidentifikasi karakteristik orang yang akan diukur, menetapkan prosedur yang akan dipakai melakukan pengukuran.