Kalimat Tayyibah Istigfar : Arti, Tujuan, Waktu dan Manfaat

Kalimah thayyibah (istigfar)

Masih ingatkah kalian dengan pembahasan yang lalu tentang kalimat thayyibah yang dibaca oleh orang yang bersalah atau berdosa? Tentu masih ingat bukan? Sekarang akan kalian pelajari tentang kalimat thayyibah lebih rinci, yaitu istigfar.

Pernahkah kalian mendengar istilah istigfar ? Berkaitan dengan apakah istilah istigfar diungkapkan? Ya, tentu berhubungan dengan kesalahan atau dosa manusia.

Berikut adalah kalimat tayyibah istigfar yang sering kita lafalkan:

Kalimah thayyibah (istigfar)

Istigfar artinya pernyataan menyesal dengan sungguh-sungguh memohon ampun atas dosa yang dilakukan baik dosa itu besar maupun kecil dan bertekad untuk kembali taat kepada Allah Swt.

Setiap umat manusia wajib beristigfar sebagai bentuk bertaubat baik kepada Allah Swt maupun kepada manusia. Jika dosa berkaitan dengan manusia maka manusia harus meminta maaf dengan segera.

Sedangkan beristigfar sebagai bentuk bertaubat kepada Allah Swt. hendaklah dilakukan dengan bersungguhsungguh dan ikhlas. Karena istigfar sebagai bentuk bertaubat yang terbaik dilakukan dengan penuh penyesalan dengan rendah hati dan segera kepada Allah Swt.

Beristigfar sebagai wujud bertaubat sangat diperintahkan oleh Allah Swt kepada manusia. Tahukah kalian mengapa Allah Swt. sangat menyerukan kepada manusia untuk beristigfar? Karena Allah Swt. Zat yang Maha pengampun, sebagaimana Firman-Nya.

QS. as-Syura tentang Istigfar

Artinya: Dan Dialah (Allah) yang menerima istigfar dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. as-Syura [42]:25).

Allah Swt sangat mencintai terhadap hamba-Nya yang senantiasa beristigfar sebagai wujud bertaubat. Firman Allah Swt.

Arti,Tujuan, Kapan Saat Membaca Istigfar, dan Manfaat Istigfar

Artinya: Sesungguhnya Allah Swt. suka kepada orang-orang yang beristigfar dan menjaga kebersihan (QS. al-Baqarah [2]:222).

Tujuan Istigfar

Tujuan Allah Swt. memerintahkan kepada manusia agar gemar beristigfar sebagai bentuk bertaubat adalah:

  1. Agar manusia senantiasa mencintai kebaikan dan mencegah kemungkaran
  2. Agar manusia bersih dari dosa
  3. Agar manusia dapat meraih kebahagiaan dunia dan akherat
  4. Menunjukkan bahwa Allah bersifat kasih sayang kepada manusia, sehingga mengampuni terhadap kesalahan hamba-Nya

Kapan kita harus membaca kalimat Tayyibah istigfar?

Di dalam ajaran Islam perintah untuk beristigfar dalam memohon dan mengharap rahmad dari allah swt pada saat :

  1. Ketika bersalah atau berdosa
  2. Melihat seseorang berbuat salah atau dosa
  3. Melihat tempat-tempat maksiyat

Kalimat thayyibah istigfar dilakukan dengan mengucapkan kalimat istighfar (Astagfirullahaladzim). Kalimat ini perlu diucapkan setiap saat, sehingga menjadi kebiasaan. Kalau kalimat thayyibah istighfar telah dibiasakan maka secara tidak langsung dapat mengendalikan diri untuk tidak mudah berbuat dosa. Apabila terjerumus melakukan dosa, mudah dan ringan untuk beristighfar sebagai bentuk bertaubat kepada Allah Swt.