Menu Tutup

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum dan Perbedaannya dengan SMP

Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah jenjang pendidikan dasar yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam sistem pendidikan nasional Indonesia. MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama dan memiliki kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pengetahuan umum. Lalu, apa saja yang dipelajari di MTs? Bagaimana struktur kurikulumnya? Apa perbedaan antara MTs dan SMP? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lengkap.

Struktur Kurikulum MTs

Struktur kurikulum MTs mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah1. Struktur kurikulum ini mulai berlaku pada tahun pelajaran 2020/2021 dan memberikan kewenangan kepada madrasah untuk melakukan inovasi terhadap struktur kurikulum sesuai kebutuhan madrasah1.

Struktur kurikulum MTs terdiri dari dua kelompok muatan, yaitu muatan nasional dan muatan lokal. Muatan nasional mencakup mata pelajaran dan alokasi waktu yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) maupun KMA Nomor 184 Tahun 2019. Muatan lokal merupakan mata pelajaran yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal1.

Muatan nasional dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat. Pada jenjang MTs, mata pelajaran kelompok A meliputi1:

  • Pendidikan Agama Islam
    • Al-Qur’an Hadis
    • Akidah Akhlak
    • Fiqih
    • Sejarah Kebudayaan Islam
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Arab
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Bahasa Inggris

Kelompok B adalah kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal. Pada jenjang MTs, mata pelajaran kelompok B meliputi1:

  • Seni Budaya
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  • Prakarya dan/atau Informasi

Muatan lokal adalah mata pelajaran yang menjadi kekhasan atau keunggulan madrasah. MTs dapat menyelenggarakan hingga tiga jenis mata pelajaran muatan lokal dengan jumlah maksimal enam jam pelajaran per minggu. Muatan lokal di MTs dapat berupa1:

  • Tahfidz
  • Tilawah
  • Seni Islam
  • Riset atau penelitian ilmiah
  • Bahasa/literasi
  • Teknologi
  • Pendalaman Sains
  • Kekhasan madrasah (aswaja, kemuhammadiyahan, dll)
  • Kekhasan madrasah khusus dalam naungan pondok pesantren seperti balaghah, nahwu sharaf, dll

Perbedaan antara MTs dan SMP

MTs dan SMP adalah dua jenjang pendidikan dasar yang setara dalam sistem pendidikan nasional Indonesia. Keduanya memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun nilai2. Namun, ada beberapa perbedaan antara MTs dan SMP, yaitu:

  • Penyelenggara: MTs diselenggarakan oleh Kementerian Agama, sedangkan SMP diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau pemerintah daerah2.
  • Kurikulum: MTs memiliki kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pengetahuan umum, sedangkan SMP memiliki kurikulum yang lebih berorientasi pada pengetahuan umum2. MTs juga memiliki mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang lebih mendalam dan luas daripada SMP2.
  • Lingkungan: MTs memiliki lingkungan yang lebih religius dan islami daripada SMP, karena MTs menerapkan aturan-aturan yang sesuai dengan syariat Islam, seperti berpakaian, beribadah, bersikap, dll2. MTs juga memiliki kegiatan-kegiatan yang lebih banyak berkaitan dengan agama, seperti mengaji, shalat berjamaah, menghafal Al-Qur’an, dll2.
  • Prestasi: MTs dan SMP memiliki prestasi yang bervariasi tergantung pada kualitas dan kinerja masing-masing sekolah. Namun, secara umum, MTs memiliki prestasi yang lebih baik dalam bidang agama, bahasa Arab, dan seni budaya, sedangkan SMP memiliki prestasi yang lebih baik dalam bidang sains, matematika, dan bahasa Inggris2.

Kesimpulan

MTs adalah jenjang pendidikan dasar yang setara dengan SMP dalam sistem pendidikan nasional Indonesia. MTs memiliki kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pengetahuan umum. Struktur kurikulum MTs terdiri dari dua kelompok muatan, yaitu muatan nasional dan muatan lokal. Muatan nasional dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Muatan lokal adalah mata pelajaran yang menjadi kekhasan atau keunggulan madrasah. Perbedaan antara MTs dan SMP terletak pada penyelenggara, kurikulum, lingkungan, dan prestasi.

Baca Juga: