Adab dan Sunnah Berpuasa

59

Sunnah puasa bila kita kerjakan dan laksanakan dengan baik akan meningkatkan kadar kebaikan dan amalan ibadah yang kita kerjakan asalkan sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Dan termasuk dalam puasa ramadhan ini ada beberapa adab puasa yang perlu kita ketahui dan dipahami dengan baik demi kesempurnaan menjalankan puasa bulan ramadhan yang kita laksanakan.

Kewajiban menjalankan puasa ramadhan ini telah Allah jelaskan dalam Al-Qur’an yaitu : “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.” (Al-Qur’an Surah Al-Baqarah: 183).

Ada beberapa sunnah dan adab-adab berpuasa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para umatnya. Dan sebagai Umat Islam dan Umat Nabi Muhammad SAW kita wajib menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah tersebut.

Sunnah Dalam Puasa Ramadhan antara lain adalah :

1. Menyegerakan Berbuka Puasa.

Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW tentang segera berbuka puasa yaitu : “Manusia senantiasa dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Muttafaq ’alaihi).

2. Makan Sahur.

Mengakhirkan sahur sampai akhir waktu malam, selama tidak dikhawatirkan terbit fajar. Karena didalam sahur terdapat banyak keberkahan karena hal ini berdasarkan atas hadist Rasulullah SAW yang artinya :”Bersahurlah karena di dalam sahur itu adalah berkah.” (HR. Muttafaq ’alaihi).

3. Berdoa Ketika Berbuka Puasa.

Doa buka puasa ini memang seharusnya kita selaku umat islam untuk mengamalkannya ketika akan mulai berbuka puasa. Karena doa orang berbuka puasa adalah merupakan doa yang makbul dan tidak ditolak. Hal ini berdasarkan atas penjelasan hadist Rasulullah SAW mengenai doa buka puasa yaitu :”Tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka, yaitu : seorang yang berpuasa ketika berbuka, seorang imam yang adil dan do’a orang yang teraniaya.” (HR. Imam Turmudzi).

Doa buka puasa contohnya adalah : “Ya Allah hanya untuk-Mu aku beupuasa, dengan rizki anugerah-Mu aku berbuka. Mahasuci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Ya Allah, terimalah amalku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

4. Berbuka Dengan Kurma Segar.

Jika tidak punya maka bisa berbuka dengan kurma kering, dan jika tidak punya cukup dengan air saja.

Demikian tadi beberapa contoh kecil sunnah Nabi Rasulullah SAW ketika berbuka puasa.

Dan berikut adalah beberapa adab ketika menjalankan puasa sunnah maupun puasa Ramadhan yaitu :

  1. Menjaga lisan dari perkataan dusta, menggunjing, mengadu domba dan hal-hal lain yang bisa menambah dosa melalui lisan. Untuk itulah pentingnya kita menjaga lisan ketika sedang berpuasa.
  2. Menjaga anggota tubuh kita dari perbuatan dosa dan maksiat.
  3. Menjaga pandangan dan mata kita dari perbuatan dosa, menundukkan pandangan misalnya.
  4. Memperbanyak bacaan Al-Qur’an.
  5. Memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah, terlebih bila dilakukan dalam bulan suci ramadhan.

Ya Allah, indahkanlah batin kami dengan ikhlas untuk-Mu, perbaikilah amal perbuatan kami dengan mengikuti rasul-Mu dan beradab dengan adab-adabnya. Ya Allah, bangunkanlah kami dari kelalaian dan selamatkanlah kami dari kekhilafan, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami. Ampunilah kami, kedua orang tua kami dan semua kaum muslimin, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat, dengan rahmat-Mu wahai Yang paling penyayang dari orang-orang yang penyayang. Semoga rahmat dan keselamatan Allah selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini