5 Keutamaan Lailatul Qadar

Ada banyak keutamaan yang bisa disematkan kepada malam Qadar ini, antara lain :

Malam Turunnya Al-Quran

Sudah menjadi ijma’ di tengah ulama bahwa malam Qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran Al-Karim. Dalil tentang hal itu adalah firman Allah SWT di dalam surat Al-Qadar :

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. (QS. Al-Qadar : 1-3)

Al-Quran adalah kitab suci yang paling mulia, yang merupakan mukjizat utama Rasulullah SAW. Kitab suci yang abadi dan keabadiannya dijamin Allah SWT sampai nanti terjadi hari kiamat.

Meski sudah lama diketahui bahwa Muhammad SAW bakal menjadi nabi, melalui berbagai ciri yang ada pada tubuh beliau, serta melalui informasi dari berbagai kitab suci yang pernah turun, namun sebelum turunnya Al-Quran, beliau SAW tetap belum sah menjadi nabi. Baru setelah Al-Quran ini turun saja, beliau kemudian secara resmi memiliki jabatan sebagai pembawa risalah dari langit. Sebagai seorang rasul dan juga nabi.

Namun para ulama berbeda pendapat tentang maksud bahwa malam Qadar itu adalah malam diturunkannya Al-Quran Al-Kariem. Apakah seluruh ayat Al-Quran turun di satu malam itu saja, ataukah yang dimaksud malam pertama kali turunnya Al-Quran.

Ibnu Abbas radhiyallahuanhu menyebutkan bahwa yang dimaksud adalah peristiwa turunnya seluruh ayat Al-Quran dalam satu kali turun, yaitu dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia atau sebutannya Baitul Izzah. [Al-Imam Ath-Thabari, Tafsir Ath-Thabari, jilid 24 hal. 542]

Sedangkan Asy-Sya’bi menyebutkan bahwa yang dimaksud disini adalah bahwa di malam Qadar itu turun permulaan ayat Al-Quran ke muka bumi. [Al-Qurthubi, Al-Jami’ li Ahkamil Quran, jilid 22 hal. 390]

Dan boleh jadi kedua-duanya tidak keliru. Sebab para ulama meyakini bahwa Al-Quran memang mengalami proses penurunan dua kali. Penurunan yang pertama adalah turunnya Al-Quran dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia, sebagaimana pendapat Ibnu Abbas.

Sedangkan penurunan yang kedua, dari langit dunia ke muka bumi, yang turunnya pertama kali hanya lima ayat penggalan awal dari surat Al-‘Alaq. Dan keduanya bisa saja terjadi pada malam Qadar, meski pada zaman yang berbeda.

Lebih Baik dari Seribu Bulan

Lailatul Qadar (لَيْلَةِ الْقَدْرِ) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam Al-Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Quran. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al Qadar, surat ke-97 dalam Al Quran.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. Al-Qadar : 1-3)