Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim

824

Namun kalau definisi negara Islam itu kita perlonggar menjadi negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, atau negara dengan pemimpin beragama Islam, atau negara yang menjalankan syiar-syiar keislaman, seperti adanya shalat berjamaah, berkumandangnya adzan, tentu kita akan dengan mudah untuk menyebutkannya.

The Pew Forum on Religion & Public Life, sebuah lembaga riset dan survei terkemuka Amerika Serikat yang nonpartisan dan nonadvokasi , merilis laporan penelitiannya tentang Mapping the Global Muslim Populatian : A Report on the Size and Distribution of the World’s Muslim Population. Laporan ini merupakan sebuah studi demografis yang komprehensif dari 232 negara dan wilayah(territory) selama tiga tahun.

Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah 1,57 milyar penduduk Muslim di dunia saat ini, merepresentasikan 23% dari penduduk dunia yang pada 2009 diperkirakan berjumlah sekitar 6,8 milyar. Dengan demikian, sekarang ini hampir satu dari setiap empat penduduk dunia beragama Islam atau hampir seperempat penduduk dunia adalah Muslim.

Laporan ini berdasarkan penelitian yang melibatkan konsultan sekitar 50 demografer dan ahli sosial dari universitas dan pusat riset seluruh dunia. Para peneliti Pew Forum ini mengumpulkan dan menganalisis sekitar 1.500 sumber dan data kependudukan.

Populasi Muslim saat ini, 60% lebih hidup di benua Asia, dan sekitar 20% di Timur Tengah dan Afrika Utara. Tapi, Timur Tengah dan kawasan Afrika Utara memiliki pesentase tertinggi dari negara-negara mayoritas penduduknya Muslim. Setengahnya lebih dari 20 negara dan wilayah di kawasan ini memiliki populasi sekitar 95% atau lebih penduduknya Muslim.

Dua pertiga umat Muslim dunia tinggal di 10 negara. Dari kesepuluh negara ini, enam di Asia ( Indonesia, Pakistan, India, Bangladesh, Iran, dan Turki), tiga di Afrika Utara (Mesir, Algeria, dan Maroko) dan satu negara di Sub-Sahara Afrika (Nigeria).

1. Indonesia

Dari semua itu, Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, menurut estimasi berjumlah 202.867.000 jiwa, 88,2% dari seluruh penduduk negeri ini, atau 12,9% dari populasi Muslim dunia. Itu berarti dari seluruh umat Islam di permukaan planet bumi, 1/8 dari mereka adalah bangsa Indonesia.

Seluruh penduduk di negeri Arab sana, seandainya memutuskan untuk melebur negara mereka menjadi satu negara, belum tentu jumlah penduduknya akan menyamai penduduk muslim di Indonesia.

Kita sebagai rakyat Indonesia pasti bangga kalau disebut sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Logikanya, Indonesia seharusnya menjadi representasi dari umat Islam sedunia.

Tetapi Angka ini bisa menjadi buah simalakama. Kita tentu miris kalau mendengar bahwa angka penduduk muslim yang sedemikian besar itu ratarata adalah penduduk miskin dan tidak berpendidikan, angka kesehatan yang jauh di bawah standar, dimana mereka hidup di bawah pemerintahan yang korup dan memanfaatkan jabatannya untuk memperkaya diri sendiri dan kelompoknya.

2. Pakistan

Yang berada di urutan kedua adalah Republik Islam Pakistan. Negeri yang tidak pernah sepi dari peperangan dan terorisme ini berpenduduk 96,3% muslim, yaitu 174.082.000 jiwa, atau 11,1% dari populasi muslim dunia.

Pakistan sesungguhnya merupakan bagian dari India, lalu umat Islam disana memisahkan diri dan mendirikan sebuah negara sendiri, khusus untuk orang-orang India yang beragama Islam.

3. India

Berada pada urutan ketiga adalah India. Walaupun persentase penduduk muslimnya hanya 13,4 %, tapijumlahnya ketiga terbesar dunia, yaitu 160.945.000 jiwa, atau 10,3% dari jumlah Muslim dunia.

Seandainya muslim India tidak memisahkan diri menjadi negara tersendiri, yaitu Pakistan, seharusnya India dan Pakistan berpenduduk muslim kurang lebih 33 juta jiwa, menjadi penduduk muslim terbesar di dunia.

4. Bangladesh

Sementara   itu,      Bangladesh berpenduduk 145.312.000 muslim, 89,6% dari keseluruhan penduduknya, atau 9,3% dari populasi Muslim dunia.

5. Mesir

Sedangkan dua negara Afrika menduduki urutan ke lima dan ke enam, yaitu Mesir dan Nigeria. Mesir berpenduduk 94,6% Muslim, yaitu 78.513.000 jiwa, atau 5,0% dari penduduk Muslim dunia.

6. Nigeria

Dan Nigeria, 78.056.000 penduduknya Muslim, yaitu 50,4% atau 5,0% dari keseluruhan Muslim di dunia.

  1. Iran

Dua negara Asia lainnya yang penduduk Muslimnya menduduki urutan ke tujuh dan ke delapan, yaitu Iran dan Turki. Iran berpenduduk 99,4% Muslim, yaitu 73.777.000 jiwa, atau 4,7% Muslim dunia.

8. Turki

Sedangkan Turki jumlahnya hampir sama dengan Iran, yaitu 73.619.000 jiwa, hampir 98% dari seluruh penduduknya, dan 4,7% dari penganut Islam dunia.

Jumlah penduduk Muslim terbesar ke-9 dan ke-10 ditempati oleh dua negara Afrika Utara, yaitu Algeria dan Maroko. Algeria berpenduduk 98,0% Muslim atau 2,2% dari seluruh Muslim dunia, yaitu 34.199.000 jiwa. Sedangkan Maroko penduduknya hampir 99% adalah Muslim, yaitu 31.993.000 jiwa, tapi persentase dari populasi Muslim dunia kurang dari 2%.

Sumber: Ahmad Sarwat, Negara Islam : Dilema & Pro Kontra, Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2019.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini